Liburan Ke Hongkong dan Macau Bersama Anak 2013 (5 hari 4 Malam)

Liburan Ke Hongkong dan Macau Bersama Anak 2013

Hongkong April 2013 merupakan liburan pertama kali ke Hongkong. Seperti biasa setiap kali liburan kami selalu membaca anak, sehingga hongkong merupakan dinasti yang tepat untuk liburan bersama anak.. cerita mengenai liburan ke hongkong ini sebenarnya cukup sedih karena hampir semua dokumentasi selama kita liburan hilang karena laptop kami yang di curi orang. untunglah saya selau aktif upload foto-foto liburan di facebook sehingga masih adalah memory yang tersisa diliburan ini. Secara garis besar liburan ini sangat menyenangkan untuk kami dan si abang yang saat itu berumur 3 tahun.

Hongkong Terbagi atas 3 pulau jadi bila mau menentukan hotel selama di hongkong sebaiknya tentukan dahulu destinasi selama disana.
1. Lantau Island
    di pulau ini terdapat airport, Disneyland, Giant Budha,Ngong Ping 360 Village,
    Cable Car, Tai O Village dll
    Liburan di pulau ini akan menikmati pemandangan laut, dan bukit jadi satu.

Disneyland - Parade setiap jam 3 sore

Ngong Ping 360 Village / Giant Budha / Cable Car

2. Hongkong Island
    Menurut saya di pulau ini banyak tempat wisatanya antara lain Victoria Peak
    (The Peak)  untuk menuju tempat ini kita bisa naik tram atau taxi atau bis,
    madam tussaud berada didalam victoria peak, Ocean Park, Repulse Bay, Standley
    Market, dan beberapa mall yang terkenal seperti time square. Banyak gedung2 dan
    perkantoran dipulau ini.
    tapi dalam hal milih hotel harus hati2 ya.. jangan sampai dapat daerah seperti sedang
   diglodok :)

The Peak
                          Sky Terrace 428

Madam Tussaud

semacam hip-hop dari the peak menuju harbour

3. New Territories / Kowloon
    Tempat hiburan didaerah ini antara lain avenue of star, Victoria Harbour tempat
    pertunjukan Symphony of Light sebuah permainan laser setiap jam 7 malam setiap
    hari. Ladies Market yang merupakan pasar malam untuk beli oleh2. secara garis besar
   disini adalah tempat tinggalnya masyarakat hongkong yg berupa apartment2 seperti
    rumah susun tp sangat cantik didalam hari karena dipenuhi oleh lampu2.
    Dua kali saya kehongkong saya menginap di pulau ini walaupun tidak banyak tempat
    wisatanya.. kenapa ? alasannya karena dipulau ini lebih mudah untuk ke lantau island,
    pulau hongkong, dan macau, jadi sedikit lebih hemat dalam transportasi jika
    menggunakan taxi.

TRANSPORTASI

Transportasi.. sebelum berangkat kami lupa untuk searching keadaan transportasi disana dan dengan pedenya akan naik taksi dihongkong mengingat siabang yang tidak mau jalan kaki.. ternyata taxi di hongkong mahal yah.. jadilah pengeluaran tak terduga .. nyesal sekali seharusnya bisa nambah untuk biaya hotel semalam lagi he3x..

Transportasi di hongkong yang umum digunakan adalah
1. MTR (Mass Transit Railway)
2. Ferry
3. Taxi (taxi terbagi atas daerahnya di bedakan berdasarkan warna taxi,
   di jam sibuk harganya lebih mahal)
4. Bus
5. Airpot Express (harganya mahal ya.. menggunakan octopus card / orang..
    sama aja sih dengan naik taxi)
6. Kereta Kabel (hanya ada di casewaybay)

MTR ini mudah dipelajari dan nyaman bagi anda yang berlibur dengan anak. Masyarakat hongkong pun tak segan untuk membantu. mereka tak segaang untuk membawa stoller kami menggunakan tangga. terima kasih..

TIKET PESAWAT

Kami menggunakan pesawat Garuda dengan Harga promo 6 bulan sebelum keberangkatan.
direct flight jakarta - hongkong sekitar 5 jam perjalanan.Si abang yang saat itu berusia 3 tahun lumayan anteng selama perjalanan.

HOTEL

Kami menginap di Rosedale Hotel Kowloon saat memilih hotel ini kami tidak mempertimbangkan lokasi hanya kriteria hotel yg modern masih baru dan luas kamar nyaman untuk kami bertiga dan harga sekitar 1.5-2jt/malam.. karena pada saat bulan April ini Harga hotel memang 2x lipat dari harga sebenarnya yg kami compare dengan harga hotel pada bulan January. Menurut kami Salibury YMCA Hongkong hotel adalah hotel yg memiliki lokasi strategis dan rate yang bagus, dengan lokasi yang strategis ini selain mudah untuk kemana2 apalagi untuk keluarga yang membawa balita yang tidak mau naik stoller spt kami :( dan dapat menghemat biaya transportasi. Hari Terakhir kami menginap di Disney's Hollywood Hotel membeli langsung melalui web hotel dengan termasuk tiket 2days pass ke Disneylad Park, si abang sangat senang dengan hotel ini karena memiliki kamar yang luas bertema disney dan pemandangan laut keren lah.. sdh bosen di rosedale dengan ukuran kamar yg ngepass banget.

Rosedale Hotel
                               view from rosedale hotel

rosedale
                                Disney's Hollywood Hotel

DAY TO DAY ACTIVITIES
(ITINERARY LIBURAN KE HONGKONG BERSAMA ANAK 5 HARI 4 MALAM)

Hari pertama :

Kami tiba di hongkong langsung menuju hotel sekitar jam 4 sore. Istirahat dan malam harinya menuju ladies market untuk membeli oleh - oleh.

Hari Kedua

Tujuan Hari ke 2 adalah avenue of star, the peak, madam tussaud, sky terrace 428 untuk melihat hongkong dari ketingian.. harus kesini (ketiga tempat ini masih didalam victoria peak) untuk menuju victoria peak kami menggunakan ferry menyebrang ke hongkong island dilanjuti dengan naik taxi ke the peak), pulangnya baru menikmati naik tram. sore hari kami kembali hotel untuk istirahat dan malam hari dilajutkan ke avenue of star untuk melihat pertunjukan laser symphony of light.

Hari ketiga

Macau adalah tujuan kami hari ini. mungkin pada saat itu adalah musim libur jadi tiket turbo jet menuju macau untuk jam pagi sdh habis, karena kami akan pulang sore harinya. terpaksalah kami membeli tiket untuk kelas bisnis dengan harga 2x lipat.. sebaiknya beli tiket melalui online saja agar aman tp jangan lupa ya barcodenya di print.

Ketika sampai di macau banyak sekali calo transportasi sebaiknya jangan kemakan rayuan calo, di macau banyak shuttle gratis ko dilanjutin dengan jalan kaki sambil menikmati kota macau.. atau bila anak cape bisa naik taxi.

Tujuan di macau adalah runtuhan Ruins of St paul's dan senado square dari terminal ferry naik shuttle menuju lisboa hotel macau, dari hotel tsb jalan kaki menuju ruin of st paul's.
berikutnya ke giant panda pavilion dengan menggunakan taxi, dan terakhir ke the venetian macau untuk berbelanja di toko MU. oiya membeli tiket ferry menuju hongkong dapat dibeli di venetia macau resort.

Hari keempat

Hari ini kami menuju lantau island untuk pindah hotel ke disney hollywood hotel. setelah check in langsung ke Giant Budha menggunakan shuttle ke disneyland resort, dilanjutkan naik MTR ke citigate factory untuk membeli tiket cable car tidak jauh dari citigate factory, sebaiknya datang kesini pagi hari karena antrian untuk menggunakan cable car sudah cukup panjang jika siang.
Giant budha / Ngong ping 360 village dan cable car menurut saya tempat yang harus dikunjungi bila ke hongkong. Dan sekitar jam 3 sore kami sudah standby di diseyland untuk menyaksikan parade tokoh disney. sayang sekali karena si abang sudah lelah kami tidak menyaksikan pertunjukan kembang api.

Hari Kelima

Hari ini kami hanya menikmati hotel dan sekitarnya dan kembali melanjutkan disneyland resort dan kembali ke Jakarta.