Liburan ke Hongkong Bersama Anak 2015

HONGKONG JULY 2015

Setelah sekian lama berkeingan menulis blog, Alhamdulillah baru kali ini berkesempatan berbagi cerita pengalaman kami liburan bersama anak-anak.

Hongkong merupakan liburan kami yang ke 2, yang pertama di Tahun 2012 bersama anak kami yang pertama (Si Abang) dan sekarang yang ke 2 di Tahun 2015 dengan tambah anggota baru anak kami yang ke2 (Si Ade), xixixi bisa dibilang liburan ke Hongkong kali ini dalam rangka mudiknya Reynara.. maklum kami memang program anak ke 2 di Hongkong.. ulalalaa :P

TIKET PESAWAT

Sebenarnya liburan kali ini merupakan dadakan.. terpikir ditinggal pembantu mudik hampir 2 minggu. Karena masih dalam rangka mudik.. ya bagaimana klo kita mudik ke "kekampung Halamannya" Reynara. Browsing cari tiket, akhirnya nemu juga direct flight Jakarta Hongkong dengan CATHAY PASICIF dengan harga promonya yg masih ramah di kantong kami.
Pesawat Jam 5 Pagi. - CGK

HOTEL

Sebelumnya di tahun 2012 kami sudah pernah menginap di daerah Tsim Sha Tsui "ROSEDALE HOTEL" dan di Lantau Island "DISNEY'S HOLLYWOOD HOTEL" dan kali ini saya berkeinginan menginap di Pulau Hongkong daerah Causeway Bay, dan di Macau. menurut saya harga hotel di bulan July ini tidak sehamal harga hotel di bulan April pertama kali kami ke Hongkong 2 tahun yang lalu, tergantung musim sepertinya..

Beberapa pilihan hotel di daerah causeway bay yg telah saya tentukan tidak di approve suami, karena suami inginya klo lihat dari jendela kamar terlihat nuansa hongkongnya.. bukan nuasa lagi di glodok he3x. akhirnya saya serahkan urusan hotel biar suami saja yang menententukan. akhirnya kita menginap di pulau Tsim Sha Tsui lagi di "HOTEL ICON",  dan di "VENETIAN MACAU RESORT", tp tidak sreg sepertinya jika liburan tidak ketemu gunung atau laut jadi tambahan hotel semalam di "AUBERGE DISCOVERY BAY HOTEL"
Alhamdulillah Saya puas dengan ke 3 hotel pilihan si papayang ini.
Auberge Discovery Bay Hotel  - Sea View

Auberge Discovery Bay Hotel - Lantau Island

DAY TO DAY ACTIVITIES
(ITINERARY LIBURAN KE HONGKONG BERSAMA ANAK 7 HARI 6 MALAM)

Liburan dengan anak anak memang banyak rencana yang ter skip, dari anaknya keenakan tidur, ga mau diajak jalan keluar, dll berikut aktifitas selama kami disana hanya 60% dari plan yang terlaksana, salah satu penyebabnya hujan.. entah kenapa sudah 2 kali ke sini kami selalu kena hujan.. tp kali ini lumayan hampir tiap hari hujannya.. ga apa2lah hujan2an anak2 selalu sehat ko klo lagi liburan.
Hari Pertama   :
Auberge Discovery Bay Hotel, Citygate Outlate Hongkong disini factory outlatenya barang2 branded.. yang suka shopping harus datang ke sini.., Disneyland Hongkong kali ini numpang foto2 aja.. karena sebelumnya sdh pernah kesini.. tp janji jika masih ada waktu di hari terakhir sebelum pulang kita akan masuk ke Disneyland..

Hari Kedua       :
Aktifitas utama si abang klo nginep di hotel pasti harus berenang, yahh dia baru bisa berenang jadi aktifitas ini tidak boleh di skip, Hari ini tujuannya ke Macau, sebelum ke Macau kami menitipkan koper dulu di Hotel ICON.

Nyebrang ke macau menggunakan Turbo Jet lama perjalanan 1 jam. membahas nyebrang ke macau kali ini xtream sekali di ferry seperti naik jet coster karena cuaca buruk.. Hebohnya setiap kapal menghatam ombak anak2 yang di kapal ferry ketawa kegirangan.. sedangkan si abang pucet mukanya...Hari ini kami hanya menikmati Hotel Venetian Macau Resort dan berbelanja di Venetian Mall, disini si papa dan kaimon kalap belanja di toko "MU" memang ini sudah tujuan utama ke Macau, tapi sayang toko "MU" saat ini jauh lebih kecil dan kurang lengkap dari 2 tahun yang lalu.

Hari Ketiga       :

Seperti biasa si abang minta berenang dulu sebelum jalan2, lanjut ke Ruins of St. Paul's, menunggu hujan kami ke Museum Macau yang masih satu lokasi dengan St. Paul's dan Senado Square.. tidak lama2 disini karena hujan terus dan akhirnya kami kembali kehotel untuk tidur siang... Sore Harinya kami ke Sand Cotai Mall untuk melihat parade Madagascar yang pastinya untuk anak2..  kai senang sekali bertemu toko idolanya si Kungfu Panda.. parade ini free dan ada setiap jam 4 sore.. Anak2 happy banget.. review sedikit mengenai Sand Cotai Mall ini saya lebih suka mall ini suasananya lebih enak dari pada venetian macau mall. Setelah itu lanjut ke Macau Tower, foto2 narsislah disana dan liat orang2 yg sedang bungy Jumping. Lanjut ke Kwan Im Statue, dan water fountain di depan hotel Wynn yg ada setiap 15menit.

Hari Keempat

Pagi hari sebelum balik ke hongkong lagi kami habiskan dengan jalan2 diluar venetian, foto2 dari depan venetian yg sepertinya keren juga.. dan ke city of dream mall.. memang wisata di macau ini lebih banyak ke wisata sejarah sama mallnya yang keren.

Siang harinya kami check in di Hotel ICON.. ini hotel yang ku tunggu2... suka banget sama kolam renangnya dan memang  Hotel ini pemenang Tripadvisor... review selengkapnya terpisah yah.. sore harinya kami jalan2 ke Avenue of Star dengan mendorong 2 stoller biar klo anak2nya tidur kami masih bisa tetap jalan2.. Lumayan lah jalan kaki dari hotel ke avenue of star dengan sepatu kebangsaan walaupun sedikit menyiksa tp pengen tampil cantik.. namanya juga wanita... sebelumnya jika liburan kami selalu pakai taxi kemana2.. jadi lupa klo ke hongkong ini lebih banyak jalan kakinya dari pada naik taxi.. besok2 klo kenegara sejenis ini lebih baik bawa sepatu yg nyaman... dan klo foto2 ga usah sampe kaki he3x.

Hari Kelima

Tujuan Hari ini ke Ocean Park.. menggunakan shuttle bus dari hotel ke stasiun MTR di Tsim Sha Tsui menuju stasiun Admiralty. Patokannya stasiun ini ada di sebrang hotel Holiday in yah..  dari Admiralty ada Bus khusus tujuan ke Ocean Park atau ke Repulse Bay jadi tidak perlu naik taxi yah. Mungkin klo liat di peta dari central jauh ke the peak, tp actualnya ga juga.. bisnya nyaman

Hari kelima ini masih diguyur hujan.. jadi hujan2an lah kita di Ocean Park.. asiklah kiddos main hujan lagi.. Karena terlalu siang jadi sayang hanya beberapa wahana saja yg sempat kami coba, datanglah lebih pagi kesini karena Ocean Park ini Cocok sekali untuk anak2 dan dewasa dan luas areanya dibandingkan dengan Disneyland. dari planning jam 4 sudah harus keluar dari Ocean Park Actual kami baru selesai sekitar jam 7 malam sampai bis terakhir.. untunglah ga ketinggalan bis.. jadi plan untuk ke repulse bay ke skip yah.. saatnya kembali ke hotel memandangi Hongkong Island dari kamar, karena kiddos sudah tidur nyenyak.

Hari Keenam

Hari ini rencananya kita mau lihat robot Gundam seperti yg dijepang, karena akan ada pameran robot tsb di Mall Time Square daerah Causeway Bay yang akan berlangsung pada saat kita sudah balik kejakarta huhuuu.. browsing2 ternyata robot tsb sdh mulai tahap pengerjaan untuk dipasang.. ga apa2 lah dari pada ga sama sekali, bertepatan denga solat Jumat browsing ketemu juga Mesjid di dekat Time Square ini.. banyak yang solat disini.. tp klo diperhatikan dari Informasi yang dipasang sepertinya masjid ini dikelola sama orang Indonesia, karna beberapa informasi yang dipasang menggunakan bahasa Indonesia.

Selanjutnya kita ke the peak menggunakan bus.. bus no berapa saya lupa karena hanya memperhatikan tujuan bus yg tertera saja, dan nyampai juga.. Oiya sebaiknnya bila ke the peak jangan sore antrinya parah untuk membeli tiket tram dan masuk the peak.. klo saya sih lebih baik pulang lagi klo sampai ngatri spt itu dan membawa 2 balita.
di dalam gedung the peak banyak toko souvenir yang murah2.. jadi bila tidak sempat ke ladies market dll lebih baik beli oleh2 disini... Madame Tussaud Hongkong juga ada digedung ini.. kali ini kita tidak masuk kedalam karena sudah pernah. langsung saja kita ke Sky Terrace 428 untuk mendapat pemandangan Hongkong dari atas.. sayang yah sekali lagi hongkong berkabut dan anginnya kencang sekali.. Sebaiknnya jika mau masuk ke Madame Tassaud dan Sky Terrace 428 belilah tiket combo karena jauh lebih murah.

Pulang dari the peak rencanannya mau beli oleh2 di ladies market.. ternyata ke skip karena si abang mau berenang lagi.. oalllaaa.... kita ga ada waktu lagi karena besok sudah balik ke Jakarta.. jadi maaf ya om tante dan teman2.. kita ga bawa oleh2...

Hari Ketujuh

Ini hari terakhir kita di Hongkong sebelum balik ke Jakarta.. Tujuan Utama mau ke Giant Budha, karena selama ke hongkong 2 tahun lalu saya paling senang dengan pemandangan di sekitar Giant Budha / Ngong Ping Village.

Setelah check out dari Hotel Icon, ada 2 option mau langsung ke airport menggunakan taxi pastinnya karena tidak mungkin menenteng anak, koper, dan stoller menggunakan MTR. atau menggunakan airport express.. dihitung2 lebih murah mengunakan airport express karena shuttle airport express standby di Hotel Icon.. lumayan kan lebih murah... dan ketika sampai airport express ternyata tidak gratis saudara2.. klo dihitung2 sama saja dengan biaya taxi ke airport di lantau Island.. 2 dewasa + 2 anak.. ya seperti biasa dari pada harus membayar octopus card kurang lebih HKD 100/orang.. jadi 1 bayi saya gedong dan si abang naik stoller.. jadi pas melewati pintu masuk saya hanya bayar 2tiket saja.. untungnya pas saya menggunakan octopus card si petugas sedang tidak ada.. klo tidak ya salah harus bayar untuk 4 orang.. maafkan.. jangan ditiru ya kecuali kepepet. Oiya Kereta Airport express ini lumayan bagus lah... ga kesel2 banget sesuai dengan yg dibayar.

Untuk menuju Giant Budha bisa menggunakan cable car, bus, atau trekking. Untuk membeli tiket cable car posisinnya ada di deket factory outlate citygate. datanglah lebih pagi.. karena jika sudah mulai siang antriannya mungkin bisa 2 jam untuk dapat membeli tiket saja.. dikarena kan waktu terbatas, akhirnya kami membeli tiket VIP  dan mengikuti tour sehingga tidak perlu mengantri dengan biaya 2x lipat fhuuu... Tour ini meliputi Sky, Land and Sea Tour (menggunakan cable car menuju Ngong Ping Village, dari Ngong Ping Village menuju Tai O Village menggunakan Bus, dan di lanjutkan menggunakan Boat melihat desa nelayan sampai ke laut.)

Selesai tour langsung menuju airport dan ternyata sdh final call.. tp si papa tetep aja nekat mau nyari oleh2 dan ngabisin dollarnya... saya panik sekali.. karena sdh tidak ada penumpang lg yang masuk dan balum datang2 juga... ga mungkin kan ketinggalan pesawat.
Pesawat jam 7 malam mungkin pilihan terbaik untuk yang membawa anak anak terutama bayi.. sedikit tenang karena dari berangkat sampai tiba di Jakarta anak2 masih tidur.

kamela mengatakan…
Halo mba, mau nanya kalo aplikasi messenger kayak line dan whatsapp bisa ga digunakan di hongkong/ macau? Thanks infonya mba
KAINARASHAKURA mengatakan…
di HK dan Macau bebas ko pakai aplikasi apa aja, agak berbeda dengan di cina....
Unknown mengatakan…
Keren mba post nya lanjutkan 😂, visitback ya
AKI-OOT mengatakan…
Mba, aku lg bermasalah nie sama hotel icon, aku gak aware ketika booking lewat agoda mereka gak kasih buat 2 anak dan aku diminta nambah kamar lagi ;(
Anonim mengatakan…
Keren banget tmpat wisata nya mba, pengen liburan ke hongking tpi duitnya belum cukup, hehe :D
KAINARASHAKURA mengatakan…
hii mba.. kemarin kami tidak bermasalah membawa 2 orang anak..
semangat mba.. semoga bias terkabul ya bias liburan
Unknown mengatakan…
Mba ke HK liburan 5hari pakai visa nda yah?
KAINARASHAKURA mengatakan…
visa on arrival aja mba..
Liburan Hemat mengatakan…
suka liburan ya bun, coba hunting tiket di travel fair murah murah lho
Unknown mengatakan…
Hai mba, kira2 habis berapa ya liburan k Hongkong?
makanan untuk toddler banyak macam ga di hongkong?
KAINARASHAKURA mengatakan…
tergantung lokasinya mba... karena kami mencari makanan halal jadi cukup sulit..
tergantung pribdi masing2 habis berapa.. karena saya bawa anak2 jadi tidak di budgetkan.. kalo estimasi mungkin seperti yang di tawarkan oleh agen tour and travel kadang2 lebih
Unknown mengatakan…
Enak banget ya kalo bisa jalan-jalan bareng keluarga hehe :D
Gita mengatakan…
Wah aku bookmark deh nih, pengen juga soalnya liburan ke HK sama anak. Kemarin aku juga ke HK sama temen dan nulis review hostelnya disini http://ceritanggita.blogspot.co.id/2016/11/penginapan-di-hong-kong-homy-inn-tsim.html

siapa tau ada yang lagi cari hostel di HK. Salam kenal mba
KAINARASHAKURA mengatakan…
salam kenal mba anggita, thank you share blognya
Unknown mengatakan…
pengen sih ke HK, huhu tapi ya gitu, harus nabung banyak :'( Nabungnya itu yang susah huhu
Salam kenal mba kainara, mau konsul untuk hotelnya. Mba hanya satu kamar saja ya. Dengan dua anak? Berarti boleh ya mba. Krn agak mahal kalau cari untuk dua dewasa dan dua anak.lebih baik langsung web hotelnya atau lwt agoda ya.mksh
Anonim mengatakan…
Hai Mbak. Seru dan cocok banget ya ke Hk kalau ngajak anak-anak. Memang Hk for everyone deh hahaha
KAINARASHAKURA mengatakan…
@Rishellini : Pengalaman kami waktu si abang di bawah 6 tahun selalu aman bawa 2 anak dalam 1 kamar, tetapi karena sekarang si abang sudah umur 7 tahun untuk hotel di Luar negri kami selalu konfirmasi terlebih dahulu atau mencari hotel yang mengizinkan bawa 2 anak di dalam 1 kamar.

Tanya langsung ke Hotelnya dan pesan melalui Agoda dll.

Pengalaman di Jepang kemarin, kami sudah menginput jumlah anak dan umur dan hotel tsb mengizinkan berdasarkan keterangan di Agoda...
sebelum berangkat kami konfirmasi ke hotelnya dan ternyata tidak mengizinkan.. akhirnya kami nego dengan alas an kami sudah mau berangkat dll.. akhirnya mereka mengizinkan bawa anak umur 7 dan 3 tahun dalam 1 kamar
Syfa's Blog mengatakan…
Utk ank d bawah 2 tahun apakah harus beli tiket turbojet saat nyebrang k macau? Trims be4.
Mba utk ke macau, anak 1th ttp beli tiket turbojet atau tdk? Trim before. Salam kenal ☺
KAINARASHAKURA mengatakan…
Hii mba @syfa rizkiyani klo saya baca termnya anak di atas 1 tahun sdh beli tiket... sebaiknya beli online saja karena jika on the spot suka habis jam yang kita mau.