INTERNET DI JEPANG

Menentukan Paket Internet yang pas selama liburan di Jepang
Travel Simcard
 Salah satu persiapan yang harus dipikirkan sebelum berangkat ke Jepang adalah INTERNET, di zaman sekarang salah satu hal yang tidak bisa terlupa adalah internet sehingga tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat ataupun untuk update medsos.
Dari hasil browsing ada beberapa opsi yang tersedia dan semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari pertimbangan anda dalam melakukan perjalanan. Beberapa opsi penggunaan internet adalah sebagai berikut :

XL Pass

Ini merupakan produk salah satu provider selular di Indonesia, sebenarnya masih ada provider lain seperti yang brandnya merah-merah tetapi harganya bisa dibilang sangat mahal. XL pass ini semacam program bebas roaming, jadi anda bisa mengaktifkan XL Pass untuk jangka waktu tertentu dan anda bisa menggunakan layanan internet anda hampir sama dengan ketika anda di Indonesia.

Jadi ingat yang kita bayar itu untuk XL passnya, sedangkan paket internetnya tetap mengikuti kuota internet di HP kita jadi pastikan saat mengaktifkan XL Pass ini kuota internet kita masih banyak.


Kelebihan dari internet XL Pass adalah harganya yang lumayan terjangkau, tidak perlu mengganti SIM card dan registrasinya mudah.
Kekurangannya adalah dari sharing di beberapa forum traveler untuk daerah di pelosok jepang seperti Shirakawago atau Alpen tateyama kadangkala susah mendapatkan sinyal.

Wifi Modem / Sewa Wifi
Beberapa agen perjalanan di Indonesia seperti HIS dan JTB menawarkan paket Wifi modem yang dapat digunakan di Jepang, biasanya ada yang modelnya kuota harian ataupun unlimited tergantung harganya.
Modemnya dapat diambil beberapa hari sebelum keberangkatan dan baru aktif ketika di jepang, jika sudah selesai kita kembalikan ke kantor travelnya di Indonesia. Salah satu contoh paket wifi dari HIS bisa dicek di website ini  http://his-travel.co.id/sewa-wifi.
Selain travel diatas masih banyak travel agent yang menawarkan penyewaan wifi tetapi umumnya modemnya diambil di Jepang atau dikirimkan ke lokasi hotel kita, atau di beberapa bandara terdapat penyewaan modem wifi yang bisa langsung kita sewa dan setelah selesai cukup memasukkan ke dalam kotak pos.
kelebihan menyewa modem Wifi adalah bisa digunakan untuk beberapa perangkat HP, sinyalnya lumayan kuat di semua daerah di Jepang.
Kekurangannya karena menggunakan modem wifi maka harus dipastikan batterynya cukup untuk menemani perjalanan jangan sampai di tengah jalan modemnya mati maka otomatis tidak bisa menikmati internet dan harganya yang terbilang mahal.
Mobile Wifi Rental @ Kansai Airport
Travel SIM Card
Di beberapa travel agent menawarkan travel SIM Card yang dapat digunakan selama perjalanan kita di Jepang yang hanya bisa digunakan untuk internetan.
Paketnya bermacam-macam ada yang hanya 5 hari, 7 hari atau 10 hari. Kuotanya pun beragam ada yang 3GB, 5GB maupun unlimited.
Harganya tergantung paket yang dipilih tetapi lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa modem wifi. Cari settingannya pun mudah, saat tiba di Jepang pasang SIM Card dan otomatis akan mencari sinyalnya. Jika ingin membeli di Bandara Jepang ada beberapa counter yang menjual travel SIM Card, biasanya akan dibantu oleh petugasnya saat setting awal.
Kelebihan menggunakan Travel SIM Card harganya lumayan murah bersaing dengan XL Pass, jaringannya stabil, karena tidak menggunakan modem jadi tidak repot memikirkan batterynya.
Kekurangannya walaupun bisa digunakan untuk beberapa HP misalnya dengan thetering tetapi speednya lumayan menurun, untuk beberapa tipe HP tidak bekerja dengan baik oleh karena itu harus dipastikan dengan travel agent HP yang akan digunakan apakah bisa memakai Travel SIM Card ini. 

Dari ke 3 Pilihan di atas awalnya kami tertarik untuk menyewa Wifi selama di Jepang, dan akhirnya 2 hari sebelum keberangkatan kami memutuskan untuk menggunakan Travel SIM Card karena harganya jauh lebih terjangkau dari pada menyewa Wifi
Dimana Membeli Travel Sim Card Jepang di Jakarta ?
Kami membeli Travel Sim Card di Kenikura travel, beberapa pilihan paket yang di tawarkan :
- By CU  (7 days, Rp. 290,000, 5GB Kuota)- By Huibao ( 7 days, Rp. 325,000, unlimited kuota) atau (10 days, Rp. 395,000, unlimited kuota)
- By Poweroam ( 5 days, Rp. 280,000, 500MB/hari, selebihnya unlimited dengan speed diturunkan), (8 days, Rp. 340,000 , Rp. 340,000, 500MB/hari, selebihnya unlimited dan speed diturunkan), sedangkan untuk yg 15 hari Rp. 525,000)

Kartu Langsung aktif setelah sim card di masukan tanpa registrasi dan setting apapun, ukuran sim card nano, micro dan standard. Tipe HP yang bisa yaitu Iphone IOS diatas 8.0 dan Android OS diatas 4.0.

Kami memilih provider By CU untuk 7 hari reviewnya Sinyal bagus bagus baik di Tokyo maupun di luar tokyo seperti Hakodate, Takayama, Shirakawago, Osaka, dan Kyoto. bisa untuk Tethering, Lumayan hemat dari menggunakan Wifi.
Seharusnya 7 hari kurang karena total perjalanan kami hampir 11 hari, tetapi atas pertimbangan di Osaka kami akan menginap di Apartment dan di sediakan Modem Wifi.
Travel Sim Card yang kami beli di Jakarta

Sayangnya saat  kami tiba ternyata modem yang di sediakan kuota habis dan menghubungi host tetapi tidak mendapat respone (review apartment ini menyusul ya.. gemes deh sama hostnya)

Akhirnya kami memutuskan untuk membeli Travel Sim Card di Stasiun JR Namba seharga 2700 yen untuk masa waktu 10 hari dengan kuota 3 GB, sebenarnya asyang karena kami hanya tinggal di Jepang 4 hari lagi.
Travel Sim Card yang kami beli di Osaka













Komentar

Unknown mengatakan…
Hello Ka...saya mau Tanya untuk yang Travel Sim Card di Kenikura travel, Yang 10 Hari by Cu Cara ordernya dimana ya ka? Tks.
Unknown mengatakan…
Hallo Ka Saya mau Tanya untuk Travel Sim Card di Kenikura travel yg 10 Hari by Cu Cara ordernya gimana ya Ka? Terimakasih sebelumnya.
Unknown mengatakan…
Hallo Ka Saya mau Tanya untuk Travel Sim Card di Kenikura travel yg 10 Hari by Cu Cara ordernya gimana ya Ka? Terimakasih sebelumnya.
Unknown mengatakan…
Hallo Ka Saya mau Tanya untuk Travel Sim Card di Kenikura travel yg 10 Hari by Cu Cara ordernya gimana ya Ka? Terimakasih sebelumnya.
KAINARASHAKURA mengatakan…
Hallo mba @Messayu : coba di googling saja di website Kenikura
tjentjen mengatakan…
thx utk infonya, bulan juli 2019 nanti juga saya akan backpacker sekeluarga bawa anak, melihat foto2nya pikiran saya jadi kagak terlalu mumet, ternyata ada toh yg backpacker sekeluarga
cekaja.com mengatakan…
wah, keren yaaa boleh di coba nih untuk family trip hehe

boleh bantu kita juga dengan klik di sini ya, terimakasih :)
Ikka mengatakan…
Haloo kak kebetulan saya dan keluarga akan ke genting
untuk cable car itu ada beberapa kali pemberhentian ya?
bisa di jelaskan pemberhentian 1 dan selanjutnya dimana saja?
dan klo kita mau skip salah satunya bisa ya?
trus kita diem di cable car itu dan lanjut ke tempat berikutnya apa gimana?
mohon di bantu informasinya

Postingan Populer