Kota Ipoh - Ipoh Malaysia Menikmati Suasana Heritage, Pemandangan Alam Yang Indah, dan Kulineran

IPOH DAY -  1 & 2

Ipoh adalah kota kecil yang merupakan ibukota Negara Bagian Perak di Malaysia, Ipoh kota kecil yang masih mempertahankan suasana Heritage dan menurut informasi dari supir grab selama disana memang pemerintah disana sangat mempertahankan bangunan yang ada jadi bangunan baru yang lebih modern bisa di bangun di pinggiran pusat kota.

Kota Tua Ipoh

Seperti Apa Kota Ipoh ?

Terdapat banyak bangunan tua yang masih cantik, di kelilingi oleh perbukitan tapi sayangnya panas banget jadi sebaiknya bawa payung jika datang Ipoh, dan kulineran yang suasananya mirip di Penang. Jadi jika teman – teman ke Kuala Lumpur atau ke Penang dan hanya memiliki waktu minimal 2 hari menurut mamayang sudah cukup untuk explore kota kecil ini.

Transportasi di Ipoh menurut mamayang naik grab aja, mudah pesannya cepat datangnya dan ramah – ramah drivernya.

Penduduk di Ipoh ini mayoritas orang India, sisanya melayu dan chinese selama naik grab di Ipoh mereka semuanya ramah-ramah malah serasa punya guide ketika mereka memandu kami untuk mencari restoran atau tempat wisata, pernah juga kami salah tujuan mereka dengan ramah mau mengantar kami ketujuan lain. Dan setiap kami memberi Tips mereka selalu menolak dan serasa aneh menerima tips padahal kami sudah paksa memberi dan mereka sunguh2 menolaknya walaupun ada juga yang menerima tips tsb.

Detail transportasi bisa di klik di sini

Obyek Wisata Gunung Lang

HOTEL

Di Ipoh kebanyakan hotelnya tipe boutique suasana heritage, pengen sih mencoba hotel seperti itu tapi hotel hotel tsb tidak memiliki kolam renang, karena memang tujuan kami mau staycation saja sehingga kami putuskan untuk menginap di Weil Hotel, kami memilih hotel ini berdasarkan peringkat no  1 hotel di Ipoh saja berdasarkan Tripadvisor. Dan kami happy menginap disini dari Lokasi, Pelayanan menurut kami hotel ini tepat untuk kami pilih. Review selanjutnya Klik di sini

TRAVELING STORY KAINARA DI IPOH

HARI – 1 (Festival Kuliner Ipoh)

Dari Bandara Penang kami putuskan untuk langsung menuju Ipoh lama perjalanan sekitar 2 jam, tapi sayang karena tiket bus yang kami mau beli habis baru ada schedule siang terus busnya delay 1 jam bikin mood kami berubah.

Jadi jika mau naik bis lebih baik beli online lah biar ga lama2 nunggu di stasiun. Plan hari pertama gagal semua… sampai hotel jam 5 sore langsung duo abang ini berenang sampai jam 7 malam, karena perbedaan waktu hanya 1 jam disini jam 7 malam itu seperti jam 5 sore.  Abang dan Ade masih tidak mau beranjak dari kolam renang.. terpaksa deh bujuk rayu es krim keluar… xixixixiii ga susah sih sama anak2 ini hadiah terindah buat mereka adalah makan es krim.

Lanjut malam hari kami kulineran…. Kebenaran sedang ada  Festival Kuliner di hari tersebut langsung menuju lokasi… kami sempat salah lokasi waktu pesan grab… tp pak grab yang baik hati menginfokan bahwa kami salah lokasi.. dan beliau mengantarkan kami ke Festival Kuliner tsb.

FESTIVAL KULINER IPOH

Festival kulier di Ipoh ini dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan dan bisa di pastikan makanan yang di jual halal semua yeayyy….

Makanan yang di jual disini jarang- jarang kami temui walaupun kebanyakan masih bernuansa kari, si abang pengen banget nyobain kambing guling tp sayang habis, sebagai gantinya mencoba makanan seperti Sop Daging + kwitiau (xxx benerin namanya) rasanya mantap kaldu dagingnya, setelah itu kami mencoba anak kepiting  dengan bumbu yang krispy keriuk2 gitu dan bikin nagih…. Ada juga kwitau versi Ipoh kalo menurut abang sih lebih enak chinese food di pasar modern bintaro, mungkin lebih berbumbu yang di ipoh ini, minuman es nya juga enak2…. Iya lah versi si abang rasa makanan Cuma ada dua yaitu enak dan enak banget.

Hari ke – 2 (Gunung Lang Recreational Park, Movie Animation Park Studio, Kota Tua Ipoh, Gerbang Malam Night Market)
Seperti biasa rutinitas pagi hari nemenin abang dan ade berenang…. Rooftop pool di Weil Hotel ini keren karena dikelilingi pemandangan bukit yang hijau. Abang dan Ade maksa minta berenang jam 7 pagi walaupun masih gelap dan Cuma kita aja yang berenang dan harus diselesaikan segera karena plan senin kemarin batal semua… seperti biasa bujuk rayu pakai es krim lagi biar cepat selesai berenangnya.
Untuk Sarapan kami sempat galau mau sarapan di Hotel yang nampakya makananya ok2 atau makan di luar… tapi mengingat kami mau kulineran datang ke Ipoh ini jadilah kami putuskan sarapan di Green Town Dimsum Café Halal yang lokasinya tinggal nyebrang aja dari Hotel. Makanan yang lebih ke Chinese food versi halal + dimsumnya… rasanya enak dan recomded.

Tujuan hari ini kami mau ke Gunung Lang Recreational Park dan  Movie Animation Park Studio. Selesai Sarapan langsung lanjut menuju Gunung Lang pakai Grab.
Gunung Lang Recreational Park
Taman Rekreasi Gunung Lang ini lokasinya keluar dari pusat kota tapi tidak seberapa jauh, pemandangan alam perbukitan, yang ditengah-tengahnya terdapat danau… pengunjung bisa naik boat seharga RM 3 untuk dewasa dan RM 1.5  untuk anak – anak  untuk pulang dan pergi, jika membawa anak – anak bisa membeli makanan ikan, naik boatnya tidak lama dan aman karena setiap penumpang harus menggunakan life jacket, hanya menyebrang sebentar saja.
Disana juga terdapat playground anak – anak  dan juga terdapat monyet liar…. Lumayan aktif monyetnnya seperti  di Monkey Forest Bali.
Kami tidak lama disini karena masih berharap bisa mengunjungi Ipoh Old Town yang tidak sempat di kunjungi di hari pertama karena bus delay L Selanjutnya menuju Movie Animation Park Studio yang masih searah dengan Gunung Lang dan kearah balik ke Hotel.

Movie Animation Park Studio
Salah satu tujuan ke Ipoh kami mau mengunjungi Movie Animation Park Studio (MAP) si ade sudah antusias mau ketemu Boboboy J kalo mamayang pengen ke Stunt Legend Arena…
Movie Animation Park Studio ini tutup setiap rabu, jadi menurut kami pas lah jika menggunjungi di hari senin pasti sepi, karena kemarin pas lewat sini hari Minggu lumayan full parkiran baik mobil pribadi maupun bus – bus besar.
Datanglah kami kesini hari Senin jam 11 siang… ko sepi banget ya parkiran… dan pintu masuknya pun terkunci… baru tau ternyata MAP setiap weekday bukanya sore jam 4 sampai jam 12… yahh si ade kecewa.
Dan kami balik lagi jam 4 Sore… masih sepi ternyata… dan pas pulang baru tau cerita dari supir grab sebaiknnya kesini malam hari baru rame… yahh gimana doang… abang dan ade jam 6 sore aja matanya sudah 5 watt apalagi malam…  dan ini kenapa setiap ke Theme Park seperti Disnyeland kami selalu pulang cepat… anak – anak ini jam 6 sore batrenya sudah habis paling larut jam 8 malam dan bisa tidur dalam kondisi apapun.
Rasanya seperti kena zonk sih ke sini… karena arena permainannya juga belum beroperasi sekitar jam 5 – 6 sore… beruntung tidak ada biaya tiket masuk disini… hanya bayar perwahana aja
Setiap wahana biayanya sekitar xxxxxx
Zona  - Zona di MAP
1.      Animation Square Zone
2.      Dream Zone
3.      Blast Off Zone
4.      Live Action Zone
5.      Lakeside Zone
6.      Fantasy Forest Zone.

Rumah Hantu the Sacred Riana
Abang dan Rumah hantu… ??? si abang hobbi masuk ke Wahana Rumah hantu… pastinya bukan mamayang yang nemenin… dari umur 3 tahun dia sudah berani masuk wahana Rumah Hantu biasanya yang nemenin si abang adalah mba – mbanya… kali ini karena tanpa si mba… akhirnya papayang yang nemenin si abang masuk ke Rumah Hantu the Sacred Riana… dan mamayang nemenin si ade masuk ke wahana The Smurf.

Singkat cerita.. setelah keluar dari wahana Rumah Hantu tersebut.. si abang langsung bilang “ma.. aq ga mau masuk ke wahana rumah hantu lagi, aq mau pensiun dini aja” wkakakkk bocah kenapa ya… padahal tadi dia sendiri yang maksa..

“aq cuma sanggup melewati 3 rintangan aja… serem banget ma… hantu yang keluar di luar prediksi… aq pikir Riana nya yang bakalan nakut2in…. ternyata dari laci kasur di bawah kakiku keluar hantunya… aq kaget banget.. sempat lari kearah pintu ternyata jalan buntu… aq akhirnnya melambaikan tangan kearah kamera.. tp ga ditolongin.. dan aq baru sadar.. salah melambaikan tangan.. bukan kekamera malah kespeaker....”.

“Wahana Scooby dooby doo di Movie World Goldcoast” lewat deh ma…” Asli mamayang mau ketawa denger ceritanya yang sambil ketakutan dan mau nangis….
Keliling Kota Tua Ipoh

Kami mengunjungi Kota Tua Ipoh siang hari… matahari terik banget… untung bawa payung….
Plannya mau ke Ipoh Townhall, Kong Heng Square, Concubine Lane (semacam gang sempit tempat berjualan souvenir dan kulineran), dan beberapa Ipoh Mural. Seperti biasa naik grab menuju Kota Tua Ipoh…  kami turun di Tourist Information…
Sebenarnya semuanya ini masih area yang sama tapi memang terpisah – pisah beberapa mural pun terpisah2.. kecuali mural an old uncle drinking coffe ada persis di sebrang tourist information.
Kami sudah mulai lelah untuk baca peta menuju tempat wisata.. si ade sudah mulai cranky karena ngantuk dan kami memang tidak bawa stoller liburan kali ini.
Jadi kami serahkan urusan baca peta kepada si abang… dan nyampailah kearah Concubine Lane… pengen jajan disana tapi sepertinya ga halal… kalo nonton tv Asian Food Channel pasti selalu ngiler pengen kulineran.. tapi pas sampai lokasi mikir2 dua kali takut ga halal… jadinya Cuma beli Cendol Durian dan Ipoh Puding Caramel yang terkenal itu.
Agenda keliling kota tua Ipoh kami selesaikan lebih cepat karena jam tidur siang si ade… so next time kalo liburan lagi kami masih perlu bawa stoller…
Ipoh Mural

Kota Tua Ipoh

Ipoh Mural di Sepanjang Jalan Kota Tua

Guide kami selama liburan
Mural di Concubine Lane

Concubine Lane

Stasiun Kereta Ipoh

Gerbang Malam Night Market Ipoh
Gerbang Malam ini mirip seperti di jalan alor ipoh, sepanjang jalan berjejer pedagang dan kulineran…  barang – barang yang di jual disini macem – macem seperti pasar malam di Jakarta… barang – barang kw lah… sepatu merek Nike tapi dalaman solnya merk Adidas xixixixi….
 Untuk kulineran mamayang pengen makan Ayam Tauge.. katanya sih yang terkenal di ipoh… dan ternyata non halal…. Kecewa saya hahahaahha…
Apalah daya akhirnya makan Nasi Kandar “Pekan” lagi…..   Nasi Kandar Pekan ini porsi nasinya banyak banget.. bisa untuk makan berdua.

Nasi Kandar + Es Jeruk ini Favorit

Mie Meggie (Indomie Versi Malaysia)