LIBURAN KE PENANG BERSAMA ANAK, KOTA PENANG TIDAK HANYA UNTUK BEROBAT ?

Jika mendengar kata Penang, terpintas adalah tempat untuk berobat… atau identik dengan foto foto Muralnya, sama seperti mamayang ketika dapat Promo Tiket ke Penang… kita ngapain ya nanti disana… apakah kota ini nyaman untuk anak – anak berlibur ?

Setelah menyusun Itinerary kita sepakat bahwa di Penang hanya untuk Staycation saja dan memilih hotel yang tepi pantai dan untuk liburan kita full di Ipoh.

Mengapa kita tidak mengeksplore kota Penangnya di George Town, menurut kami sudah cukup di kota Ipoh dan kali ini memang kami mau liburan santai. Next time lah kami eksplore area George Town.

Berikut Travel Storynya Kai-Nara di Penang :

Day – 3 (Penang)

Hari ini kami pindah dari kota Ipoh menuju Penang, perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam dan dilanjuti sekitar 40 menit menuju Hotel di area Batu Feringghi. Planning hari ini kami hanya mau menghabiskan waktu di hotel dengan menemani abang dan ade berenang dan lanjut bermain di pantai.

Stasiun Utama di Penang

ferry penyebrangan dari Ipoh ke Penang

GOLDEN SAND RESORT PENANG

Menurut yang sudah sering bolak balik ke Penang.. sebaiknya menginap di Georgetown Penang saja… Karena Hotel ini letaknya di Batu Feringgi jauh dari pusat kota…

Tapi niat kami memang mau Staycation ko utamanya dan tidak menyesal menginap disini…. Kami memilih Golden Sand Resort Penang karena pool kids nya yang lengkap… pilihannya ada 2 antara mau Hard Rock Hotel atau Golden Sand Resort Penang… secara rate hotel mirip – mirip.. tapi kids poolnya menurut mamayang lebih ok di Golden Sand Resort dan Hard Rock Hotel Lebih Jauh, untuk kulineran sebelah Golden Sand Resort Penang banyak jajanan malam dan Pasar Malam.

Dan untuk Pantai.. hotel ini tepi pantai.. dan pantainya bagus dari pada hotel sebelahnya Rasa Sayang Hotel Penang… walaupun masih satu group Shangri la. Rasa Sayang Hotel Penang ini Pantainya tidak terlalu bagus sehingga pantainya gabung dengan Golden San Resort.

Review Hotel ada di sini (Klik)
Splash Zone

Batu Ferringi Beach

KAFE LONG BEACH

Untuk kulineran malam bisa mencoba di Kafe Long Beach… disini bentuknya seperti foodcourt terdapat banyak stand yang berjualan… kalo di lihat sih menggiurkan tapi sekali lagi banyak yang non halal juga… selain di sini di  depan Golden Sand Resort juga banyak kulineran malam atau pasar malam…

Selain itu persis didepan Golden Sand Resort juga ada MCD dan mini store.

Hari ke – 4 (Beach, Pool Day, Penang Hill, Georgetown & Mural, Gurney Plaza, Mesjid Terapung Penang)

Hari ini rencananya mau full explore area Georgetown karena dari hotel ke Georgetown lumayan jauh dan menghemat ongkos J

Pagi – pagi kami sudah bangun mau ke Pantai… ternyata jam 6 masih gelap  banget… nunggu sedikit terang langsung ke Pantai…  lanjut sarapan… rencananya sih setelah sarapan mau langsung siap2 untuk jalan… ya tapi susah si abang sama ade masih minta berenang lagi… dan minta ke mamayang hari ini jalan – jalannya sebentar aja karena masih mau berenang… yahhh liburan kali ini cuma numpang berenang nampaknya.

PENANG HILL & THE HABITAT

Must visit kalo ke Penang jangan lupa ke Penang Hill dan sekarang ada tempat wisata baru yaitu The Habitat yang lokasinya masih sama dengan Penang Hill… sebenarnya ada beberapa tempat wisata lagi di Penang Hill tapi mengingat waktu yang terbatas kami focus ke 2 tempat wisata ini aja.

Menuju Penang Hill dari Hotel menggunakan Grab, lama perjalanan sekitar 30 menit.

Setelah membeli tiket Tram menuju Penang Hill si papayang nawarin apakah masih mau ke The Habitat… setelah liat harganya yang mahal juga dan mamayang juga lagi males untuk olah raga jalan kaki…  jadi kita putusan cancel ke The Habitat….

PENANG HILL  FUNICULAR TRAIN

Untuk menuju Penang Hill harus naik Tram / Funicular atau mau hiking juga bisa…  setiap liburan kita paling senang sama kegiatan naik Tram dari di Hongkong, di Mt. Rigi Swiss, di Blue Mountain Sydney, di Salzburg dan terakhir kita coba Funicular di Penang Hill… masing – masing punya cerita sendiri setiap mencoba Funicular Train. Seinget mamayang Funicular di Penang lumayan cepat juga ga berasa tau – tau sudah sampai aja… Tapi tetap menurut mamayang Funicular di Blue Mountain Sydney yang paliing seru.

Tapi menurut mamayang kurang seru naik Funicular di Penang Hill karena kesempatan untuk dapat posisi di ujung kereta ga banyak… walaupun kita dapat antrian di depan… ternyata yang boleh masuk kereta terlebih dahulu adalah yang beli tiket pass gitu… jadi mereka lah yang bisa dapat posisi bagus di dalam kereta.

PENANG HILL

Ada apa di Penang Hill… ? sama seperti di Hongkong di Penang Hill bisa melihat kota Penang dari Ketinggian… tapi jika cuaca berkabut tetep aja ga kelihatan apa – apa… untung sebelum pulang cuaca cerah…

Walaupun terlihatnya berkabut tapi tetap aja panas di Penang Hill… terus kan kita lupa bawa stoller jadi si ade rewel dan minta pulang… so di Penang Hill kita Cuma muter – muter sebentar saja, nemenin si ade main di playground, foto – foto dan pulang… jadi liburan kali ini sedikit gagal karena kita ga bawa stoller.

GEORGE TOWN & MURAL

Walaupun lagi males muter – muter karena kondisi yang panas dan si ade yang ngantuk kita sempatin untuk explore George Town dan Mural  yang terkenal di Penang…

Kami berhenti di Armenian Street Penang.. yang merupakan Touris Spot terdapat banyak Mural dan toko – toko makanan / minuman maupun Souvenir.

Spot pertama yang kami lalui adalah Mural “Kids on Bicycle” oiya di sebelah mural ini ada cafĂ©, coffe shop dan Gelato. Ditengah panas ini memang bawaanya pengen makan Es.

Oiya ada Es Bola – bola yang di siram sama sirop mirip – mirip sama jajanan waktu mamayang kecil tapi bedanya tinggah2 bola es serut tersebut diisi sama es krim lagi trend sepertinya disana.

Sebenarnya banyak sih mural – mural sepenjang jalan ini… tapi karena si ade udah tantrum kali lanjut menuju Plaza Gurney

Little Children on a Bicycle Mural

Armenian Street, George Town

Ice Ball, didalamya ada es krim

PLAZA GURNEY

Plaza Gurney salah satu mall di Penang… tujuan kami kesini seperti biasa mau beli Smiggle buat si abang dan ade… sama seperti di Kuala Lumpur menurut mamayang lebih bagus bangunan mall – mall di Jakarta.

MESJID TERAPUNG PENANG

Menjelang Magrib kami menuju Mesjid Terapung yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Hotel tapi harus naik grab juga… kami mau Sholat Magrib di Mesjid ini selanjutnya makan malam disalah satu resto seberang masjid.

Jika menginap di Batu Feringghi coba deh menjelang Magrib sudah sampai dimesjid ini sambil menikmati laut yang tenang dengan perahu – perahu nelayan. Dan mendengar lantunan suara azan dan masyarakat sekitar yang berbondong2 menuju Mesjid sungguh tenang kehidupan disana…

MAKAN MALAM DI XXXXX

Setelah batal mau dinner di xxxxx kami mencari tempat makan disekitar masjid dan ketemualah warung xxxx yang menjual makanan ala Thai… tempat ini recommend selain porsinya yang banyak dan harganya yang murah…

PENANG HARI KE 5

Sesuai request dari Abang dan Ade hari ini sebelum balik ke Jakarta mereka mau menghabiskan sisa liburan di kolam renang saja. Jadi mohon maaf ya liburan kali ini kurang informatif J