HOTEL / APARTEMENT DI AUSTRALIA UNTUK KELUARGA DENGAN 2 ORANG ANAK

HOTEL / APARTMENT DI AUSTRALIA (MELBOURNE, SYDNEY, GOLD COAST)


Dengan pertimbangan jumlah koper yang harus kami bawa, kami memtuskan untuk menginap di Hotel yang semi Apartement dengan fasilitas Mesin Cuci dan pengering didalam kamar Selama di Melbourne dan Gold Coast, dan menginap di Hotel selama road trip dan di Sydney.

Hal yang perlu di perhatikan dalam mencari Hotel / Apartement di Australia :
a. Peraturan Pemerintah mengenai firedrill :
khususnya di Melboune mereka memberlakukan peraturan yang ketat bahwa 1 kamar hanya boleh di isi oleh 2 orang dewasa dan max 1 orang anak, jadi walaupun Apartement 1 bedroom memiliki ukuran yang luas tetap harus memesan 2 kamar jika ada berpergian dengan 2 orang anak atau kadang-kadang diperbolehkan tetapi dikenai tambahan biaya untuk extrabed tetapi ini pun jarang rata-rata hanya membolehkan maksimal 2 dewasa dan 1 anak di dalam 1 kamar, jadi sebaiknya sebelum memesan sebaiknya menghubungi Hotel / Apartement tsb, sebagian besar penginapan di Melbourne memberlakukan peraturan ini tetapi untuk group Accor seperti Ibis, Mercure mereka mengizinkan memesan 1 kamar untuk diisi 2 dewasa dengan maximum 2 orang anak.


b. Pesan Hotel / Apartement Segera

Jika sudah memiliki tiket dan visa di approve sebaiknya langsung memesan Hotel / Apartement, karena Australia terkenal dengan Biaya penginapannya yang Mahal, hal ini terjadi pada kami telat 5 hari saja harga penginapan rata-rata naik 2x lipat, jangan kaget jika harga penginapan untuk 4 malam yang sebelumnya sekitar 6jt hanya dalam waktu 5 hari bisa naik bisa menjadi 14 – 16jt an. Saat itu kami memesan 1 bulan sebelum keberangkatan, dari pengalaman kami memesan hotel untuk perjalanan ke beberapa Negara salah satu tips mendapatkan rate yang lumayan adalah memesan 3-4 bulan sebelumnya.

c. Lokasi

Untuk menghemat waktu dan jika berpergian membawa anak anak, sebaiknya mencari lokasi yang dekat dengan tujuan wisata atau pusat kota yang dekat dengan stasiun, trem, atau bus stop.
Jika di Melbourne bisa di pilih di deket flinder station, di Gold Coast bisa di pilih deket surfer paradise, dan Sydney bila memiliki budget bisa di pilih di CBD dekat Opera House tp jika tidak memiliki budget lebih bisa dipilih deket central stasiun


d. Parkir
Jika berniat untuk menyewa mobil carilah penginapan yang menyediakan parkir dengan biaya yang relative murah, biaya parkir di Australia mahal sekali


e. Pelayanan
Berbeda dengan di Indonesia sebagaian besar hotel full services, di Australia kita harus mandiri.
Jika menginap di Hotel semi Apartement, kamar akan di bersihkan sekedarnya saja, koperpun harus bawa sendiri. Dan Jika menginap di HOTEL contohnya mercure tidak ada bellboy yang standby 24jam, ketika kami checkout jam 6 pagi kami harus membawa koper sendiri karena bellboy belum datang. Untuk kebersihan biasanya dibersikan sekedarnya saja dan hanya mengganti handuk bersihnya saja.
Selama di Australia kami menginap di :

  1. Melbourne    : Clarion Suite Gateway   (Hotel – Apartement yang menyediakan mesin cuci, dan perlengkapan masak, terdiri dari 1 bedroom dan 1 sofa bed, lokasi strategis di depan Sea World Melbourne dan hanya berjarak 300m dari Crown complex dan southbank)
  2. Gold Coast    :  Q1 Resort (Hotel – Apartement yang menyediakan mesin cuci, dan perlengkapan masak, terdiri dari 2 bedrooms) Hotel ini merupakan Resident tower tertinggi di Australia dan sekaligus tempat wisata skydeck observation
  3. Roadtrip dari Gold Coast ke Sydney :
    • Coff Harbour   :  Opal Cove Resort
    • Newcastle           :  Travelodge Hotel
  4. Sydney   :  Mercure Hotel (berada di stasiun terbesar di Sydney, Central Station)



Clarion Suite Gateway Melbourne


https://www.tripadvisor.com.au/ShowUserReviews-g255100-d325659-r397750127-Clarion_Suites_Gateway-Melbourne_Victoria.html#CHECK_RATES_CONT






Bed room


Kitchen


Sofa Bed







Q1 Resort Surfer Paradise, Gold Cost




https://www.tripadvisor.com.au/ShowUserReviews-g255072-d610164-r403434586-Q1_Resort_and_Spa-Surfers_Paradise_Gold_Coast_Queensland.html#CHECK_RATES_CONT















smoking room


lobby

Indoor Pool

outdoor pool



Tower







Opal Cove Resort (Coff Harbour)


Dalam Rute Roadtrip Gold Coast Sydney, kami merencanakan untuk bermalam di coff harbour dengan alasan kota ini berada di tengah tengah antara Gold Coast dan Sydney, sekitar 4 jam an perjalanan dari Gold Cost.


Kami memesan hotel ini on the spot saja dan berdasarkan hasil review di tripadvisor hotel ini mendapatkan penilaian yang bagus.
Hotel ini letaknya mudah di temukan tidak jauh dari keluar jalan toll, kami sampai di hotel ini sekitar jam 9 malam, hotel ini memiliki bangunan yang sudah tua tetapi lebih baik dari hotel yang ada disekitarnya, dan memiliki sofa bed, di belakang hotel terdapat pantai dengan pemandangan yang bagus.




Morning View
 
 
the room
 
lobby
 
pool
 
back yard
 
private beach
 

 
 

 

 
 

 

 
 

 
 

 
Travelodge Newcastle Hotel


Pemberhentian selanjutnya didalam road trip adalah kota Newcastle, jarak antara Newcastle ke Sydney sekitar 2 jam, berkenan sudah jam 9 malam kami memutuskan untuk menginap di hotel ini, sekedar overnight menurut saya hotel ini cukup baik, ada sofa bisa untuk tidur, dan di depan hotel terdapat supermarket.


 
 
 
 
 
 




Mercure Sydney


Sydney adalah kota yang mahal, mencari penginapan untuk keluarga dengan 2 orang anak pun cukup sulit, apalagi dengan budget under 2jt di daerah CBD.
Menurut saya Mercure Hotel super recommended untuk kriteria tsb lokasinya dekat dengan CBD. Lokasi pas didepan Stasiun terbesar di Sydney sehingga memudahkan kemana mana dengan kendaraan umum apalagi jika membawa anak2.
Walaupun kami menyewa mobil selama di Sydney, kami memutuskan tidak menggunakan mobil tersebut dengan alasan tidak familiar dengan kota tsb, takut kena tilang, dan biaya parkir yang mahal, dengan jalan kaki dan naik kendaraan umum kami bisa mengexplore kota ini dengan baik.
Untuk kamar tipe 2 double bed memiki kasur ukuran 2 queen size , Alhamdulillah kami bisa tidur nyenyak selama liburan di Australia.


Lobby
 
 
 
 
 
 
 





Komentar

Postingan Populer