TRANSPORTASI UMUM SELAMA DI AUSTRALIA (Melbourne, Gold Coast, Sydney)

TRANSPORTASI UMUM DI AUSTRALIA


  1. Melbourne
    Myki  :
    Kota Melbourne sangat ramah untuk turis, Stasiun utamanya adalah central station dan flinder station. Di kota Melbourne juga menyediakan transportasi untuk turis seperti :

  1. Tram (Melbourne City Circle Tram) : Tram untuk Wisata berbentuk antik dan tram biasa berbentuk modern
  2. Bus (Melbourne Visitor Shuttle) dengan rute perjalanan ke berbagai area di pusat kota melbourne dan memiliki halte perhentian yang letaknya dekat dengan objek wisata terkemuka.

Di melboure terdiri dari 2 zona : Zona 1 untuk dalam kota dan Zona 2 untuk di luar kota melbourne

Dengan adanya transportasi gratis, apakah perlu membeli Kartu Myki ?

Bagi kami perlu, karena baik tram memiliki jadwal operasi dimulai dari jam 10.00 pagi sampai jam 17.00 diluar jam tersebut berlaku tarif dengan menggunakan kartu Myki tersebut.

Dengan jadwal liburan sekitar 5 hari 4 malam tentunya dengan waktu yang terbatas kami tidak mau terlewatkan tempat2 wisata yang harus dikunjungi, sekitar jam 7 pagi kami sudah siap untuk explore Melbourne walaupun Melbourne baru ramai sekitar jam 10 pagi.

Kami membeli Visitor value pack Myki di Tulmarine Airport harga Kartunya  Dewasa AUD 14 dan Anak-anak AUD 8, anak di bawah 4 tahun gratis. Untuk isi ulang kartu Myki terdapat di stasiun dan beberapa halte, tp yang paling mudah di seven eleven.

Semua angkutan umum di Australia, mengharuskan menvalidasi kartu tiketnya setiap kali naik dan turun angkutan umum atau touch on dan touch off. Besar rata-rata naik angkutan sekali naik sekitar Rp. 17,000 an

Touch on dan Touch off di dalam alat transportasi umum


City Circle Tram
Tram di depan flinder station
 
kereta menuju brighton beach






 
Bus Menuju Mt. Buller


Ferry at Yarra River (Southbank)

  1. Gold Coast
    Mygo :
    Kartu harian Dewasa AUD 10 dan Anak – anak AUD 5 di bawah 4 tahun gratis, kami membeli kartu harian saat di Gold coast karena hanya 2 hari menggunakan transportasi umum dan keesokannya kami rental mobil untuk road trip ke Sydney.
    Jika tujuan wisata di gold coast hanya ke tempat2 wisata saja tersedia juga shuttle family sekitar AUD 60 untuk 2 dewasa 2 anak return.
    Menurut saya lebih hemat menggunakan My GO harian, karena tidak sulit menuju tempat wisata tinggal perhatikan saja halte pemberhentiannya saja, kami sendiri hanya mengandalkan google map selama di Australia.
    Sekilas mengenai tempat2 wisata di Australia kami membeli melalui Online, tetapi kami sangat terkejut ketika melihat promo di travel2 pinggir jalan selama di surfer paradise menawarkan setengah harga dari yang di jual di online, ternyata harga tersebut hanya berlaku untuk warga Australia saja :)


  2. Sydney
    Per Agustus kartu yang berlaku di Sydney adalah “Opal”, Bisa dibeli di toko2 retail atau seven eleven, ada 4 moda transportasi umum yang disediakan pemerintah : kereta, kapal Feri, bus dan kereta ringan, ke 4 transportasi ini bisa menggunakan kartu opal, penggunaannya pun sama seperti di Melbourne atau goldcoast cukup tap on pada saat naik dan tap off pada saat turun. Untuk berhemat pada hari Minggu di berlakukan aturan pemakaian maximal perhari hanya AUD 2.5/hari sehingga setelahnya akan gratis, kartu opal ini juga melayani rute luar kota seperti blue mountain.

 AIRPORT TRANSFER

Melbourne  - City    : Kami menggunakan Skybus dengan harga AUD 19, atau paket family AUD 78 untuk 2 dewasa + 3 Anak (pulang pergi).
Jalur Sky Bus  :   
Sky Bus


Tempat pemberhentian , pindah bus untuk menuju hotel

Brisbane  - Gold Cost  : Kami menggunakan Con-x-ion, shuttle bis dari Brisbane ke beberapa kota sekitarnya, sistemnya satu mobil terdiri dari beberapa penumpang dan akan di antar ke masing2 tujuan, atau jika mau private bisa menggunakan provider lainnya dengan biaya lebih mahal sedikit dari Con-x-ion tetapi didalam kendaraan hanya keluarga sendiri seperti taxi.

      SEWA MOBIL DI AUSTRALIA

Kami menyewa dari  Apex Car Rental  , menurut kami rental disini lebih murah dari pada ditempat lainnya, peraturan di Australia anak di bawah 7tahun atau berbobot di bawah 36kg harus menggunakan Car Seat, untuk sewa car seat di Apex hanya sekali bayar tidak perhari jika anda menyewa untuk waktu lama akan lebih murah dari pada di car rental lainnya yang menyewakannnya harian.

Bensin akan di isi penuh saat menerima mobil dan harus di isi penuh pula ketika mengembalikannya, dan mengenai kebersihan kembalikan lah mobil dalam kondisi bersih debu2 pasir sedikit tidak apa2, tetapi jika anda menumpahkan sesuatu akan di kenakan charge.

Awalnya kami ingin memesan mobil outlander karena sudah familiar dan memperhitungkan koper yang kami bawa, tetapi karena telat pesan hanya tersedia mobil jenis kia spt ini.


      PENGALAMAN MENGENDARAI MOBIL DI SYDNEY

SYDNEY kota yang padat, dan peraturan berkendara yang sangat ketat terutama untuk speed berkendara, kecepatan berkendara di jalan tol adalah sekitar 100km/hrs, perumahan 50-70km/hr, dan sekolahan 40km/hrs, GPS akan menginformasikan jika kecepatan berkendara melebihi dari batas yang di tentukan. Untuk pertama kali berkendara di kota Sydney cukup rumit sehingga kami memutuskan untuk tidak menggunakan mobil selama di kota Sydney dan lebih memilih jalan kaki dan menggunakan kendaraan umum dari pada kami kena tagihan tilang, ditambah lagi biaya parkir yang mahal.
central station

bus stop

train @ central station



Ferry @ Circular Quay


highway to blue mountain











Komentar

Unknown mengatakan…
Assalamualaikum,

Saya mau bertanya tentang sewa-menyewa mobil selama di Australia.
ada yang bilang kita harus punya sim internasional dan ada juga yang bilang bisa menggunakan SIM A Indonesia yang di translate ke bahasa Inggris oleh Sworn Translator.
Nah kemarin saat Ibu ke Australia apakah menggunakan sim internasional atau SIM A yang sudah di translate ke Bahasa Inggris saat menyewa mobil?
Terima Kasih.
KAINARASHAKURA mengatakan…
bisa dua2nya mba, kemarin pakai sim international dan processnya mudah ngurusnya di samsat cawang (dikantor polisi lalu lintas cawang).. tinggal bawa semua dokumen dan bayar 250rb , tidak sampai 20 menit selesai
Unknown mengatakan…
Terima kasih replynya :D
iya sebenernya mungkin lebih enak kalo pake sim Internasional, tapi susahnya karena saya ngga tinggal di jakarta XD
jadi insyaAllah pake SIM A Indonesia yang sudah di translate bisa yah..
KAINARASHAKURA mengatakan…
ok.. semoga lancar pembuatan SIMnya... and happy holiday
Julian mengatakan…
keren blog nya, bisa jadi sebuah kenang2an untuk di masa depan. nanti di lihat lagi sama-2 dengan anak cucu ya. hehehehe.

barangkali kalau datang lagi ke melbourne bisa pakai jasa kami di tourkotamelbourne.blogspot.com
KAINARASHAKURA mengatakan…
Thank you infonya mas @julianto
Avid Traveler mengatakan…
Bukannya pakai SIM indo tanpa ditranslate tetap bisa ya?
KAINARASHAKURA mengatakan…
Dari keterangan petugas rentalnya selama mereka bisa meyakini tipe SIM yang kita punya sesuai dengan kendaraan yang akan digunakan, masalahnya SIM Indonesia ga ada keterangan tipe kendaraan yang diperbolehkan dikendarai...kalau mau lebih pasti, sebelum ke sana konfirmasi ke rental mobilnya saja....
Silvia Adiyanto mengatakan…
Selamat sore mbak, saya ingin bertanya mengenai goldcoast dan sydney.. sebelumnya apakah mbak kainara ada pergi ke brisbane..? Dan kita sebaiknya naik transportasi apa selama mengunjungi tempat wisata di goldcoast..?
Silvia Adiyanto mengatakan…
Selamat sore mbak.. saya ingin bertanyaa apakah mbak kainara ada mampir di Brisbane..? Dan saya agak bingung membaca blog yang mbak share.. apakah bole dijelaskan menggunakan alat transportasi apa jika ingin ke trmpat2 wisata di goldcoast dan sydney..?? Makasih mbak sebelumnya
KAINARASHAKURA mengatakan…
Mba Silvia, kita cuma lewat aja d brisbane...untuk blognya bisa d cek d page utamanya mba nnti tinggal klik saja artikel masing2 topik...kalau d goldcoast kalau mau k tempat2 wisata seperti movieworld, oceanpark bs menaiki bis tinggal liat aja no busnya...kl d sydney saya kebanyakan jalan kaki karena menginap d dekat stasiun utama, paling k three sister menggunakan mobil sewaan....

Postingan Populer