[Traveling Story] : Trip ke Austria Bersama Anak (Day 1 Vienna)

Kami mau share pengalaman trip di Eropa bersama anak - anak, sebelumnya sudah di share mengenai Itinerary Trip ke Eropa yang kami buat sebelum keberangkatan, tapi aktualnya kira - kira 80persen saja yang tercapai. Aktual dan cerita perjalanan kami kami share disini... suka dan duka bawa anak - anak liburan.....

Austria
Holla sampai juga kami di Europe, keluar dari pesawat sedikit merasakan udara dingin dan si abang langsung kegirangan “Ma, dingin banget klo bernafas jadi berasap” nampaknya dia kangen udara seperti ini padahal ga terlalu keliatan tapi saya iya in ajalah biar cepat dia jalannya :)

Austria salah satu dream trip saya, karena berdasarkan foto – foto yang saya lihat sebelumnya Negara ini Indah pemandangannya, di samping itu ada teman kuliah saya yang menatap disana.. jadi niat banget pengen ketemuan dengan si Mak Wince.

Di ketiga lokasi yang kami kunjungi, Vienna, Salzburg, Hallstatt Austria ini terbilang nyaman, tidak crowded dan hampir semuanya bule ya… jarang ketemu wajah – wajah Asia. Transportasi Metro khususnya di Vienna lumayan ganti ganti peron tapi tidak seribet di Tokyo.

Bulan Maret kemarin suhu standar sekitar 0 - 1 derajat tetapi karena cerah dan ada Matahari jadi tidak terlalu dingin untuk suhu 1 derajat tersebut.

Tempat wisata memang lebih banyak wisata Museum / Istana dengan gardennya, sayangnya pas kami kesana sedang musim dingin sehingga bunga – bunga belum bersemi.

Dan kami lupa print Itinerary selama kami trip di eropa ini, jadi kami berwisata berdasarkan Itinerary yang kami ingat saja atau browsing dulu sebelum jalan he3x.. liburan yang kurang persiapan…

Vienna
(Day 1)

Selesai dari process Imigrasi dan Custom, so Welcome to Vienna Kids ini kita sudah di Eropa loh… si Ade kan belum ngerti ya… Ade taunya cuma mau ke Eropa dan bisa ketemu Princess di Disneyland, di sambut manja sama si Ade “Ma bener kita sudah di Eropa sekarang… Asyikk aq bisa ketemu Princess”, “sabar ya de… ketemu Princessnya masih lama”.
Masih di Airport hal pertama yang kita datangi adalah bagian Informasi dan membeli Simcard, sebenarnya kita sudah membeli 1 simcard ketika di Jakarta, dan rencannya mau beli 1 lagi untuk Hp papayang biar jika kita kepisah bisa Whatsapp saja, karena di Eropa ini memang minim Wifi.

Dan selanjutnya adalah membeli tiket kereta menuju Wien Hauptbahnhof yang merupakan stasiun utama di Vienna, perlu diingat bahwa Stasiun utama di masing – masing kota di Eropa biasanya ada kata – kata Central atau Hauptbahnhof.

Stasiun Utama di Vienna
Tiba di Wien Hauptbahnhof keluar lift langsung belok kanan, nanti melewati semacam food court dan langsung kalap mata pengen jajan, dari foodcourt itu juga sudah keliatan Novotel Wien City, keluar gate langsung nyebarang dan sampailah kami di Hotel dan bersyukur  ketika sampai Hotel sekitar jam 9 pagi karena papayang memiliki member accor maka kami dapat fasilitas early check in langsung masuk kamar dan untuk semua jaringan hotel accor yang kami tempati selama di Europe bisa Early Check in khususnya untuk Novotel.
Food Court di Stasiun (Wien HBF), untuk menuju Novotel food court ini patokannya

Suasana Stasiun di Vienna, tersedia beberapa toko pakaian dan kosmetik

Keluar Stasiun akan ketemu Hotel Ibis dan Novotel berada di Sebelahnya

Tempat Wisata di Vienna

Lokasi yang kami kunjungi pertama kali adalah Schonbrunn Palace kami mulai dengan lokasi yang terjauh dahulu dari Hotel, dengan menggunakan metro / kereta dari stasiun Wien Hauptbahnhof lama perjalanan sekitar 30 menit, Schonbrunn Palace merupakan wisata sejarah untuk lebih detailnya bisa di cek disini, karena membawa anak – anak dan waktu yang terbatas kami hanya berniat menggunjungi bangunannya dari luar saja, seharusnya Schonbrunn Palace akan terlihat lebih Indah dengan gardennya sayang ketika kami kesana bulan Maret suhu masih dingin  sehingga belum ada satupun bunga yang tumbuh dan air di kolampun masih beku.

Menuju Schonbrunn Palace

Tampak Belakangnya Istana

Bunga2 masih gugur

air kolam masih membeku sebagian

Istana dari atas bukit

Dari Wien HBF menuju Schonburnn Stasiun
Keluar stasiun ikuti jalan ini
Nyebrang dan belok kanan, jalan kaki sekitar 300 meter
Schonbrunn Stasiun

Berikutnya kami lanjut ke Karlplatz, Vienna Catherdal, Hofburg Palace, dll yang masih di satu lokasi dengan menggunakan kereta. Di Eropa ini hobbynya papayang berjalan kaki tidak terlaksana karena suhu yang masih dingin, sehingga kemana – mana kami menggunakan kereta, dari pada membeku di jalan :) plusnya mamayang sama anak – anak pasti seneng bisa cepat sampai tempat wisata atau hotel, ga perlu cape jalan kaki, tetapi ketika sampai Jakarta saya merasa menyesal karena waktu kami malah lebih banyak habis di kereta / stasiun seharusnya dengan berjalan kaki kami akan lebih menikmati kota tsb seperti biasanya.
Cathedral

Suasana Karlplatz

Hofburg Palace

Niatnya ke Eropa ini kami mau merayakan Wedding Anniversary  tapi karena bawa anak – anak di sesuaikan tempat wisata dll agar mereka tidak terlalu cape, sekali ini mamayang dan papayang bandel dikit… jadi setiap malam ketika anak – anak tertidur pulas menjadi waktunya kami untuk jalan – jalan berdua, terakhir mengunjungi Belvedere Palace, seharusnya lokasi Belvedere Palace sangat dekat dari Hotel tapi entah mengapa GPS membuat kami muter – muter mencari lokasinya, yang pasti rasanya seperti Jalan bareng pacar waktu itu, maklum sembilan tahun pernikahan kami belum pernah jalan – jalan berdua saja ketika liburan, terima kasih GPS yang telah membuat parents time kami lebih lama dengan mutar – mutar dulu seharusnya tinggal nyebrang dari hotel dan jalan 1km saja.
Belvedere Palace dengan Air kolam yang masih membeku

Suasan Vienna jam 7.30 malam

Informasi Transportasi di Vienna
Kami hanya 1 hari saja untuk explore Vienna, 1 hari pertama ketika  sampai di Eropa dan 1 hari berikutnya sebelum kami pulang ke Jakarta.
Apakah perlu membeli pass (Vienna City Card) atau semacam kartu sakti sehingga bisa Explore Vienna incl Transport dan diskon Tempat Wisata Museum ? Plan kami selama di Vienna hari pertama hanya keliling tempat wisata yang umum saja dan tidak masuk kedalam Museumnya, menurut saya tidak perlu beli pass, tempat wisatanya tidak terlalu jauh dapat di jangkau semuanya dengan berjalan kaki kecuali Schonbrunn Palace.
Harga Vienna City Card untuk 1 hari 12 -13 Euro  dan anak – anak gratis di hari minggu.
Transportasi di Vienna di kelolah oleh : OBB Bhan, sebaiknya install aplikasi ini selama di Vienna