[Traveling Story] : Trip ke Lucerne Swiss, Mengunjungi 3 Puncak Gunung Favorit di Lucerne (Day - 4)


Good Morning Kriens, kami menginap di Ibis Lucerne Kriens lokasinya tepat di bawah kaki gunung Pilatus, baru buka jendala kamar saja saya sudah tidak sabar ingin cepat2 explore Lucerne, kondisi disini seperti di film atau gambar yang sering saya lihat. Sekedar info mata uang di Swiss adalah Swiss Franc (Chf) tetapi Euro masih berlaku disana, jika belanja menggunakan Euro kembalian menggunakan Swiss Franc (Chf) tetapi beberapa toko menawarkan mau dikembalikan dengan Chf atau Euro.
Hotel Ibis Kriens Lucerne
WINTER PASS (KARTU GRATIS UNTUK MENGGUNAKAN SEMUA TRANSPORTASI DAN TEMPAT WISATA DI LUCERNE)

Sekedar info sebelumnya kami telah booking hotel di sekitar Stasiun Lucern kawasan old town Luncerne, tapi sebulan sebelum keberangkatan papayang mendapatkan info bahwa pada periode Jan – Mar (winter) tourisme board Lucerne memberikan promo gratis winter pass jika menginap minimum 2 malam di hotel yang berpartisipasi.
 
Winter Tell Pass
Hotel yang kami pesan sebelumnya di dekat stasiun Lucerne sekitar Rp. 3jt/malam untuk 2 dewasa dan 2 anak, setelah mendapat info tersebut kami cek – cek lagi website Accor dan ternyata salah satunya yaitu Ibis Krienz ikut berpartisipasi beruntungnya hotel tersebut bisaa menerima 4 orang dengan harga Rp. 7jt untuk 3 malam dengan kamar triple bed (bisa menampung 3 dewasa dan 1 anak), sarapan pagi, dan mendapatkan promo Winter Tell Pass. 

Setelah memastikan ke hotelnya dan mereka bilang kami berhak mendapatkan promo ini akhirnya papayang memesan hotel ini, sebelum kedatangan kami, pihak hotel mengirim email berisi pass yang bisa digunakan untuk transportasi di area 10 lucerne biasanya hanya valid untuk bus dan kereta, nama passnya Gastekarte. Hotel Ibis Kriens ini terletak sekitar 700 m dari stasiun Mattenhof (2 stasiun dari Lucerne banhof). 

Winter pass ini bisa di gunakan gratis untuk naik transportasi apapun di area lucerne dan sekitarnya, termasuk kawasan wisata Mt. Titlis, Mt. Pilatus, dan Mt. Rigi. Untuk menukarkan kartu tersebut yang kami terima dari hotel dapat di tukarkan di Tourist Information di Lucerne HBF tepatnya sebelah platform no 3.

Jika di lihat dari passnya seharga 110 Chf atau 1,6 juta, kami mendapat 2 pass dewasa dan 1 pass anak senilai 30 Chf (430rb), beruntung sekali mendapat hotel dengan harga yang lebih murah, transportasi dan tempat wisata gratis.

Liburan di Lucerne ini kami menjelajah 3 puncak gunung terpopuler berikut Rincian Biayanya dan semua gratis karena memiliki Winter Tell Pass tsb :

Mounth Titlis
Cable Car Engelberg – Mt. Titlis (Return) : 92 Chf
Kereta SBB Lucerne – Engelberg : 20 Euro one way x 2 = 40 Euro / 48 Chf
Mount Rigi
Mt. Rigi Round trip include ferry Lucerne – Vitznau, cogwheel vitznau – rigi kulm, cable car weggis = 117 Chf
Mount Pilatus
Mt. Pilatus : Kriens – Pilatus (Return) = 72 Chf untuk dewasa dan 36 Chf untuk anak (6-16tahun)


TEMPAT WISATA

Hari ke – 4

Mount  Pilatus
Bangun tidur sekitar jam 7 pagi, plannya hari ini kami ingin mengunjungi Mt. Titlis ternyata hari tsb cuaca di Mt. Titlis tidak bersahabat -7 dan mendung sedangkan besoknya cuaca di Mt. Titlis lumayan cerah berdasarkan perkiraan cuaca tsb, sehingga kami putuskan hari itu kami batal ke Mt. Titlis dan kami tukar dengan mengujungi Mt. Pilatus atau Mt. Rigi, dan berdasarkan saran dari reception hotel Mt. Pilatus lebih cocok jika membawa anak.


Stasiun Lucerne, naik bis menuju Mt, Pilatus dari sebrang bangunan ini
Naik Bis menuju Gunung Pilatus Cable Car

Berhenti disini dan di lanjuti jalan kaki sekitar 700 meter menuju Cable Car

Mt. Pilatus terkenal dengan perjalanan Golden Round Trip tapi rute ini hanya di buka bulan May – Oktober saja atau tergantung kondisi salju, rutenya menggunakan kereta api menuju puncak Pilatus kemudian turun menggunakan aerial cableway dan terakhir menggunakan panorama gondola dan kembali ke lucerne dengan bis, intinya bisa merasakan bermacam – macam transportasi seperti naik boat, kereta api, cableway, gondola dan bis. Sedangkan di bulan Maret ini kami hanya merasakan naik Cableway dan Gondola saja sedangkan yang lainnya tidak beroperasi karena salju yang tebal.
 
www.tripadvisor.com
 Untuk menuju Mt. Pilatus kami naik kereta ke Lucerne HBF, di stasiun kami menukar kupon yang di berikan hotel  ke Tourist Information Center menjadi Winter Tell Pass, disana baru dilanjuti naik bis no 1 dari  sebrang stasiun Lucerne Banhof turun di Kriens, dan dilajuti jalan kaki menuju Cableway untuk ke Gunung Pilatus  sekitar 700m, setelah turun dari Bis kami baru sadar bahwa hotel yang kami tempati masih di kawasan ini juga… sepertinya bisa naik bis dari hotel menuju cableways Mt. Pilatus ini.
 
Jalan kaki menuju cable car lumayan menajak dan dorong stoller *istrahat dulu*
Cable Car

Pemandangan di bawah masih hijau, diatas puncak gunung ternyata sedang badai salju

View dari Cable Car
Ketinggian Mt. Pilatus sekitar 2,128m, untuk menuju ke atas pertama kali menggunkan Cableways dari Kriens pemandangan dari Cableways masih tampak danau dan pegunungan berwarna hijau, makin naik keatas ternyata sedang badai salju, semuanya berwarna putih, pertama kali merasakan Salju turun dengan derasnya di Mt. Pilatus.
 
Pemberhentian pertama
 


Selanjutnya perjalanan berganti menggunakan Aerial Cable Car sampai ke puncak Pilatus. Jalur Tabogan di gunung Pilatus terkenal paling panjang, dan karena salju masih cukup tebal jalur ini pun juga di tutup, di puncak Pilatus anak – anak bisa bermain salju atau sekedar minum coffe atau coklat.
Di Mt. Pialatus juga terdapat playground untuk anak – anak tetapi karena salju turun dengan derasnya kami memutuskan untuk segera pulang dan melajuti perjalanan menuju Mt. Rigi, perjalanan menuju Mt. Rigi ini di luar dari itinerary kami.

berganti Aerial Cable Car Menuju Puncak Gunung Pilatus
Aerial Cable Car
 



Family Pic di Mt. Pilatus... Officially 9th Years Wedding Annversary

Main Salju


Mount Rigi
Rute menuju Mount Rigi dimulai dengan naik ferry dari depan Lucerne central station ke Vitznau, Lanjut naik kereta Cogwheel ke Rigi Kulm (Puncak) oiya sebelum naik kereta penumpang akan diberikan Coklat, Jadwal kereta cogwheel ke Mt. Rigi kalo tidak salah sejam sekali dan kami naik kereta pukul 13.45

Ferry di depan stasiun Lucerene

Keputusan mengunjungi gunung Rigi sebenarnya agak nekat karena Jadwal Ferry menuju Lucerne terakhir jam 6 sore, tetapi karena jam mesih menunjukan pukul 12 siang.
view dr ferry
Pemandangan Lucerne dari Cogwheel cukup indah, pegunungan dan danau jadi satu dan masih tampak hijau… makin ke atas mulai salju makin naik sedang badai salju, semua pemandangan putih, Pengalaman pertama kali merasakan badai salju untuk yang jarang – jarang liat salju tentu bikin happy.

view dari kereta

 

Stasiun pemberhentian terakhir...

Perjalanan pulang ke Station Vitznau kami ambil rute yang berbeda, dengan naik Cogwheel tersebut tetapi turun di Rigi Kaltbad dan di lanjutkan dengan naik cable car turun ke dermaga Weggis, di Rigi Kaltbad terdapat  resort yang berisi hotel dan pemadian air panas dan terlihat beberapa tamu sedang berendam dengan air panas di tengah salju yang turun denggan derasnya,  oiya ternyata lebih cepat turun menggunakan Cogwheel saja karena selain Cable Carnya penuh, kami kira cable car cukup untuk kami berempat ternyata ukurannya besar muat 80 orang, dan jadwal turun kebawahnya lama.

turun di Rigi Kaltbad untuk berganti cable car
salju sedang turun dengan deras



Menuju Dermaga Weggis

pemandangan sekitar dermaga Weggis

indahnya pemandagan disini

suasana di sekitar dermaga Weggis


Dermaga Weggis

Dari Dermaga Weggis lanjut naik ferry menuju Stasion Lucerne dan kembali ke Hotel, karena udara dingin kami tidak sanggup terlalu lama jalan kaki, jadi tidak ada plan untuk keliling lucerne berjalan kaki apalagi dengan anak – anak. Selesai dari tempat tujuan kami langsung masuk kamar dan tidur.
Oiya selama di Lucerne untuk snack time kami membeli kebab distasiun Lucerne Banhof sekitar 12 Chf lumayan mahal tetapi porsinya bisa untuk makan berdua atau bertiga.
 
Previous  :  Day 3 - Hallstatt
Next        :  Day 5 - Mt. Titlis, Kota Tua Luzern

Komentar

oktiara dwindah mengatakan…
mb, dari salburg ke hallstat dan pulang pergi kan naik kereta, itu pesennya sebulan sebelum ya ? via web obb ?
kl beli on the spot bs ga ya>?

sy rencana Tiba di Salzburg naik bus 150 Ke bad ischl st, lalu Tiba di bad ischl st naik kereta ke Hallstats bahnhoff, cuman sy binggung itu beli tiket kereta nya dimana ya mb ? tau ga ya infonny?
oktiara dwindah mengatakan…
mb, kan dr luzern ke kriens naik bus 1, itu bayar bus ny gimana ? lgsng ke driver apa gmn ? dan brp
2. pulang dr pilatus balik ke kriens lagi ya ? naik apa mb ? tks
KAINARASHAKURA mengatakan…
Beli pass buat transportasi di stasiun luzern central.

Pulang pergi dr stasiun central ke kriens naik bus juga.. Luzern kota kecil.
KAINARASHAKURA mengatakan…
@mba oktiara :pesan kereta jauh2 hari bisa dpt harga lebih murah, on the spot bisa tp biasanya harganya 2x lipat.

Biasanya di setiap stasiun kecil ada vending machine, ikutin petunjuknya saja.
Unknown mengatakan…
Hai mbak,

Kebetulan sedang merencanakan travel dengan ittinerary mirip mbak. Penasaran untuk tell passnya itu apakah beli terpisah atau termasuk deal dengan hotel Ibis nya? Dan untuk ke puncak mount Titlis apa benar sudah termasuk dalam passnya? (hal ini saya tanyakan di cs web tell pass nya) Terimakasih banyak mbak, tulisan perjalanannya menarik sekali. :)
KAINARASHAKURA mengatakan…
Mba Karina,

Untuk winter tell pass ini adalah promo dari pemerintah kota lucerne yang bekerja-sama dengan hotel-hotel tertentu, kalau mau liat list hotelnya bisa dicek di web Lucerne. Kalau pengalaman kami sebelum booking kami konfirmasi dengan hotelnya kebetulan Ibis Kriens ikut berpartisipasi dalam promo ini dan Alhamdulillah dapat harga lumayan murah jg karena booking dr aplikasi group accor.

Pass ini sudah mencakup semua tiket transport dan masuk tempat wisata yang ada di area Lucerne kalau tidak salah istilahnya area 10. tiket masuk mt Pilatus, mt Titlis, mt Ragi semua sudah include. Cuma karena winter beberapa rute perjalanan seperti golden route (naik kereta ke mt Pilatus terus turun dan lanjut ferry ke kota lucerne) tidak beroperasi karena beberapa bagian danaunya beku.
SulukWS mengatakan…
Mb, insyallah november bulan depan saya rencana ke swiss dengan keluarga (dua anak). mau nanya untuk hotel di luzern misalnya ibis budget luzern apakah memperbolehkan 1 kamar untuk Berempat dengan dua anak usia 5 dan 6 tahun ya?

Dan apakah masih ada informasi promo Tell pass untuk november ? hehehe

Postingan Populer