Informasi Liburan Singkat ke Kuala Lumpur 3 hari 2 Malam Pertama Kali (Part 1)


PART 1  
(Part 2, Part 3, Part 4)

Birthday Trip to KL
Liburan singkat tapi berkesan….  Karena perginya Cuma berdua sama papayang setelah hampir 9 tahun kita selalu liburan dengan anak-anak. Tentunya setelah negoisasi panjang sama abang dan ade dan kami berdua dapat restu dari mereka untuk liburan berdua saja dalam rangka Ulang Tahun Mamayang. Dan terus terang beberapa hari sebelum berangkat mamayang sempat galau, mau berangkat atau cancel…. ?
Petronas Twin Tower


PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT

PESAWAT
Kami menggunakan Malaysia Airlines dengan lama perjalanan 1.45 menit, keberangkatan menggunakan pesawat Pagi dan Pulang Pesawat Siang, sebagai info yang mamayang dapat dari Pramugarinya untuk keberangkatan pagi memang menggunakan pesawat kecil karena peminat kurang banyak, tetapi fasilitas tetap ada seperti TV masing2 walaupun masih menggunakan remot. Makanan Pagi ini pilihannya Mie Goreng atau Nasi Lemak. Dan untuk Siang baru menggunakan Pesawat Besar dengan TV sudah touch screen menu makanan Nasi Ayam seperti ayam saos tiram atau Nasi dengan Ikat Fillet saos cabe. Perjalanan Lancar dan kali ini menurut mamayang pramugarinya ramah – ramah dari pada dulu pas mamayang ke Jepang.


 



HOTEL

Review di link berikut  (Mercure Hotel Shaw Parade KL)



PASSPORT
Walaupun tanpa Visa jangan lupa Passport harus valid 6 bulan sebelum keberangkatan


TUKAR RINGGIT DARI JAKARTA ATAU TARIK TUNAI DI ATM DI MALAYSIA ?
Jika teman – teman memiliki Tabungan Bank CIMB Niaga, pengalaman kami lebih murah tarik tunai atau transaksi menggunakan ATM CIMB di Malaysia dari pada tukar ringgit di Jakarta. Dan mudah untuk menemukan ATMnya hampir di setiap sudut kota selalu menemukan ATM CIMB.


STOP KONTAK / COLOKAN LISTRIK DI KUALA LUMPUR

Tipe Stop Kontak yang biasa kita pakai masih bisa digunakan di Kuala Lumpur, di hotelpun tidak memerlukan stop kontak universal. Tapi sebagai persiapan mau liburan kemanapun usahakan bawa Stop Kontak Universal


PAKET INTERNET
Internet penting banget kalo pas liburan, utamanya sih untuk baca Peta sisanya biar masih bisa Sosmed dan chat dengan anak & karyawan melalui Whatsapp. Biasanya jika liburan ke Luar Negri kami membeli simcard Negara tsb baik di beli pas masih di Jakarta atau beli ketika sampai di Bandara Negara Tujuan.
Kemarin ketika masih di Soekarno Hatta sambil nunggu boarding kami browsing, ternyata pengguna kartu XL untuk paket internet 3 hari roaming hanya Rp. 150,000 jadi kami putuskan untuk beli paket roaming saja dari Indonesia dari pada repot setting simcard baru di KL nanti.
Carannya ? Tinggal telp customer servicesnya dan minta di aktifkan, oh iya tariff ini hanya untuk roamingnya saja sedangkan kuota internetnya tetap menggunakan kuota yang kita punya di Indonesia jadi pastikan sebelum mengaktifkan roamingnya kita masih punya kuota internet yang cukup


BANDARA KLIA & IMMIGRASI

Bandara KLIA atau Immigrasi di KL menurut kami paling mudah dan tidak terlalu banyak pemeriksaan. Hanya di tanya tujuannya mau apa ? berapa hari, foto, dan cap sidik jari saja dan welcome to Kuala Lumpur. Bandara di Kuala Lumpur ada 2 yaitu KLIA dan KLIA2, biasanya KLIA 2 untuk pesawat Air Asia. 

Setelah selesai dari Imigrasi lanjut menggunakan kereta yang tersedia di Bandara untuk menuju bagian bandara yang terdapat stasiun keretanya , biasanya di Soekarno Hatta kita menggunakan Bus disana menggunakan kereta.


STASIUN UTAMA DI KUALA LUMPUR

Stasiun Utama di Kuala Lumpur adalah KL Sentral, jadi mau kemanapun pusatnya di stasiun ini. Sebagian besar moda transportasi umum akan singgah di Stasiun KL Sentral, MRT, Monorel, LRT, mau beli bus menuju Gentingpun disini


KL Sentral

CARA MENUJU SENTAL STASIUN DARI KLIA

Karena kami minim informasi, lagi males browsing2… jadi kami baru tau cara menuju KL Sentral Stasiun pas tiba di Kuala Lumpur, dan impian untuk liburan budget pun gagal. Karena kami langsung membeli Tiket KLIA Ekspress seharga 200 MYR berdua PP.
KLIA Ekspress


Berdasarkan hasil browsing ketika kami sudah membeli Tiket KLIA Express, cara menuju KL Sentral bisa menggunakan :

-          Bus sekitar  10 MYR sekali Jalan degan waktu sekitar 1,5 jam
-          KLIA Ekspress 100 MYR PP dengan waktu sekitar 30 menit
-          KLIA Ekspres + Grab 55 MYR Sekali Jalan

Lumayan bedanya ya.. tapi karena buru-buru kami telanjur membeli KLIA Ekspress, dan di balik penyesalan itu kita menghibur diri bahwa pakai KLIA express kita bisa Check in di counternya di KL sentral dan kirim Koper dari KL Sentral jadi kita tidak usah repot2 lagi membawa koper saat menuju Bandara pas pulang nanti.



TRANSPORTASI

Kami tidak bisa berbagi informasi mengenai Transportasi di Kuala Lumpur, sekali lagi kami minim info dan berdasarkan pengalaman ketika sudah sampai KL, Transportasi di KL ada
1.       LRT, KTM
2.       Monorail
3.       Taxi
4.       Grab Mobil (Ojek tidak ada ya… dan disini saya merasa beruntung tinggal di Jakarta karena da ojek… males jalan dikit tinggal naik ojek he3x)
5.       Go KL, Bis Gratis terdiri dari beberapa rute, dan ini yang kami gunakan untuk keliling Kuala Lumpur dalam 2 hari dari Kota Kuala Lumpur sampai ke Pinggiran Kota dari pada naik Hop on atau Hop Off Bus

Bus Umum

Suasana Jalan dari monorel di depan Putra Jaya


 


MALL DI KUALA LUMPUR

Plannya mamayang di Kuala Lumpur mau keliling mall aja, pengen beli Nike, Vincci, Smiggle, sama beli Tas di Genting Outlet. Dari beberapa mall yang kami kunjungi seperti Pavillion, Suria KLCC, NU Sentral, Sungai Wang, Putra Jaya kesimpulan versi mamayang mal – mal tersebut seperti plaza atau ITC aja kecuali Pavilion seperti Grand Indonesia… mamayang masih suka Landscape Mall di Jakarta lebih keren. Mungkin yang hobby belanja beberapa produk disini lebih murah atau tidak ditemui di Jakarta.

Nu Sentral / Stasiun Sentral

Suria KLCC

Suria KLCC

Pavilion

Komentar

Postingan Populer