[Traveling Story] : Paris bersalju Maret 2018 (Day-9)


(DAY – 9)

Hallo Paris, beberapa jam sebelum masuk Paris masih di Sleeping Train petugas Imigrasi mulai mengecek kelengkapan dokumen setiap penumpang… semua berjalan lancar.
 
Paris Bersalju

Kami mulai siap2 berkemas koper dan stroller si Ade… menengok ke Jendela ternyata di Paris sedang salju hari itu… sesuai berita yang kami lihat di TV sebelum keberangkatan, Kota Paris yang jarang turun Salju akhirnya di tahun ini bersalju juga. Tentunya di sambut antusias oleh Abang dan Ade.
View dari kereta sebelum masuk kota Paris
Sebelum turun dari Kereta seperti biasa saya briefing Abang dan Ade untuk berhati hati karena Paris terkenal dengan Scam dan pencopetnya, cerita mengenai scam di eropa bisa di baca di blog berikut "Menghadapi Pencopet di Eropa" . Turun dari kereta ternyata stasiun di Garde De Lyon lebih nyaman dari Milan.

Sekedar informasi saja, Bahwa Stasiun Utama di Paris ada  2 yaitu Garde De Nord dan Garde De Lyon.. pertama kali ketika akan memesan Hotel di Paris saya pun tidak mengerti mau menginap di dekat Stasiun Garde De Nord atau Garde De Lyon?

PERBEDAAN STASIUN GARDE DE NORD dan GARDE DE LYON ?
GARDE DE NORD
Stasiun Gare De Nord merupakan stasisun tersibuk di Eropa, didirikan tahun 1864 memiliki model bangunan zaman dulu tetapi tetap terlihat modern.Kalau senang trilogi Bourne Identity pasti familiar dengan stasiun ini karena menjadi salah satu settingan adegannya.
Tujuan kemana saja dari stasiun ini?
Kereta Eurostar menuju London berangkat dari stasiun ini, sekaligus jaringan Thalys yang menuju Belgia dan Belanda. Tujuan lain seperti Jerman, beberapa kota swiss dan prancis bagian utara.
Dapat dicapai di dalam kota menggunakan Metro jalur 4 dan 5; RER B menghubungkan dengan bandara Charles de Gaulle.

GARDE DE LYON
Dibangun tahun 1900, stasiun ini memiliki arsitektur yang indah. Menara jamnya mirip dengan Gedung Parlemen London.
Tujuan kemana saja dari stasiun ini?
Prancis bagian selatas, Jerman selatan, Monaco, Swiss, Itali dan Spanyol.
Dapat dicapai di dalam kota menggunakan Metro Jalur 1 dan 14; Bus Air France menuju Airport Charles de Gaulle.
 


Karena kereta dari Milan Menuju Paris berhenti di Stasiun Garde De Lyon akhirnnya kami membatalkan hotel yang sebelumnya telah kami pesan di dekat Stasiun Garde De Nord. Selama di Paris kami menginap di Novotel Garde De Lyon (review hotel bisa di baca disini). Lokasi hotel ini sangat bagus karena keluar dari pintu Stasiun langsung ketemu Hotelnya.. 

Paris bersalju pagi itu tetapi salju yang turun masih tipis, setelah early check in kami lanjut mengunjungi Louvre Museum, dan sebaiknya sebelum meninggalkan hotel check dulu perkiraan cuaca di luar, tidak seperti kami yang salah kostum ternyata sore itu turun salju di sertai angin yang kencang.

Louvre Museum

Plan hari pertama yaitu Louvre Museum, Arc de Triomphe, dan Eiffel Tower, untuk menggunakan metro di kota Paris tinggal membeli tiket di Stasiun dengan menggunakan mesin, informasi transportasi di Paris bisa di baca di blog berikut ini.

Turun dari Metro ternyata cuaca tidak bersahabat, terlalu kencang anginnya dan bersalju, sepertinya kami salah kostum.

Sebelum menuju Louvre Museum kami melewati Sungai Seine dan Cathedral… Cuaca benar  - benar tidak bersahabat, rasanya ingin balik lagi ke hotel dan tidur… sepanjang jalan menuju Louvre Museum kita akan melewati café, coffe shop, dan toko pancake disepanjang jalan, banyak juga toko Souvenir.






Hujan Salju semakin lebat ketika kami sampai di Louvre Museum, anak – anak sih happy banget apalagi spot foto untuk turisnya juga sedang ramai jadi terbawa suasana untuk antri supaya bisa foto – foto seperti turis lainnya… tapi si mamayang ini rewel ingin cepat – cepat pulang.. jadi plan ke Arc de Triomphe dan Menara Eiffel di hari pertama terpaksa kami cancel. Langsung balik ke Hotel, siap – siap tidur sambil menikmati salju turun dari kaca kamar.

Menurut info yang kami dapat dari Mahasiswa Indonesia yang kami temui di Stasiun memang cuaca di minggu itu sedang extrim, karena sebelumnya suhu di paris sudah belasan derajat dan tiba -  tiba langsung turun ke suhu minus.


Previous    :  Day - 8 San Siro Stadion, Lake Como, Paris Sleeping Train
Next          :  Day - 10 Disneyland Paris

Komentar

Postingan Populer