Belanja Oleh - Oleh di Eropa



Sepertinya menjadi kebiasan ketika liburan harus beli Oleh – oleh, niatnya mau berbagi kebahagian, tapi sekarang saya mah ngalah sama si abang dan ade, kebayang si abang setiap beli oleh – oleh min 23 orang anak buat teman – teman sekelasnya karena di sekolahannya ada peraturan jika bawa oleh – oleh harus di bagi 1 kelas belum lagi team bolanya… di lanjuti gurunya, coach bolanya dan guru – guru lesnya mamanya tekor disini :( tapi tidak apalah… karena si abang setiap menerima oleh – oleh dari temannya senangnya kebangetan walaupun hanya sekedar gantungan tas…  dia akan cerita ke mamanya berulang ulang dan lanjuti cerita ke papanya terus di bawa kemana-mana.. namanya juga masih bocah ya….

Kami memutuskan untuk belanja oleh – oleh ketika di German, karena berdasarkan informasi yang kami dapat di German lebih murah… ternyata salah besar !!! gantungan kunci saja di Munich rata rata 5 Euro  x Rp. 17,000 lumayan banget. Aduh jadi kangen jepang kalo masalah oleh – oleh, dimana macam – macam product nan lucu – lucu di Daiso hanya sekitar Rp. 11,000an saja.

Untungnya disetiap Negara yang kami kunjungi kami sempatkan membeli souvenir untuk jaga – jaga jika di German nanti kami tidak sempat belanja, menurut saya sih yang paling murah gantungan kunci ketika di Paris sekitar 1,5 – 2,5 Euro, Tempelan Kulkas 3 pcs 10 Euro, Pulpen paling murah 2,5 Euro, klo di Munich sebaiknya beli oleh – oleh di toko souvenir Peralatan Bola Bayern Munchen, lebih murah dari harga yang di jual di toko souvenir lainnya.

Oiya selain Souvenir tersebut bisa membeli Coklat, tetapi untuk memberikan oleh – oleh saya pastikan dulu ke halalan coklat tersebut, sehingga saya membeli Coklat di Vienna dimana penjualnya muslim keturunan arab, kita Tanya berkali – kali apakah coklat – coklat ini halal ? di jawab “iya” karena merekapun muslim. 

Selain itu ide lain oleh – oleh berupa makanan yang di jual di supermarket seperti Teh, coklat, atau bisa juga membeli oleh – oleh kosmetik, beberapa produk memang lebih murah disini apalagi pas ada diskon 70%

Tetapi yang terpenting cek kembali uang kembalian di depan kasir karena sering kali uang kembalian yang di berikan kurang 10 Euro. 

Sayapun mengalami hal ini ketika tergiur diskon produk kecantikan 70% untuk barang kedua dan ketika membayar karena panjangnya antrian sayapun tidak mengecek kembalian, setelah keluar toko mau menyimpan kembalian di dompet ternyata kurang 10 Euro dan ketika kembali kekasir meminta kekurangan tsb mereka menggunakan bahasanya yang entah bicara apa tidak mengakui hal tsb, dan hal yang saya alami ini ternyata memang sesuatu yang sering terjadi, kalo mau ngotot sih kita minta ketemu sama Managernya… tp kami tidak banyak waktu disana dan mengikhlaskan hal tsb.. jadi intinya mah saya beli produk tsb tanpa diskon.

Komentar

Postingan Populer