TRANSPORTASI UMUM DI EROPA (AUSTRIA, SWISS, MILAN, PARIS, BELANDA, MUNICH)



Transportasi umum yang kami gunakan selama trip ke Eropa adalah Kereta Api baik antar Negara atau dalam kota, Bus, dan Taxi) untuk Stasiun utama di Eropa terkenal dengan kata “Hauptbahnhof / HBF” atau Central.

Transportasi antar kota dan Negara di eropa bisa menggunakan beberapa mode tranportasi, bisa menyewa mobil sendiri, bus, pesawat maupun kereta. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya, berikut beberapa pertimbangan masing-masing mode tranportasi :

Sewa Mobil : Kelebihannya bisa fleksibel dengan itenary yang kita buat, tidak terikat jadwal, bisa lebih explore daerah-daerah yang tidak dilalui tranportasi umum….kekurangannya banyak biaya-biaya yang harus dipikirkan selain biaya sewanya seperti biaya tol, parkir, asuransi, relokasi kalau mengembalikannya bukan di lokasi asal, membayar fee kelebihan jarak tempuh kalau sewanya dibatasi km tempuhnya….

Bus : Kelebihannya harganya bisa sangat murah seperti promo flixbus 99€ untuk 5 kota, fasilitas lumayan lengkap ada colokan listrik, wifi dan bagasi….kekurangannya tidak semua kota terhubung oleh jaringan busnya, waktu tempuh paling lama dibandingkan mode tranportasi lain, kalau bawa anak riskan mereka cepat bosan karena tidak leluasa….

Pesawat : Kelebihannya waktu tempuh paling cepat, kalau bisa dapet harga promo kadang sangat murah sekali…kekurangannya memakan waktu dan biaya untuk ke airportnya, bagasinya mahal, hanya melayani kota2 besar…

Kereta : Kelebihannya hampir semua kota di eropa terhubung oleh jaringan kereta api, harga tiketnya kalau memesan jauh-jauh hari lumayan murah, fasilitasnya lengkap ada wifi onboard, hiburan anak jika ada gerbong keluarga, bagasi tidak dibatasi, jadwalnya lumayan banyak pilihannya….kekurangannya harganya kalau beli on the spot lumayan mahal….



Dari kelebihan dan kekurangan berbagai macam mode tranportasi diatas dan mempertimbangkan kondisi perjalanan kami yang membawa 2 koper besar, 1 tas dorong besar dan 1 stroller akhirnya kami memutuskan menggunakan Kereta karena mudah dikombinasikan dengan tempat penginapan sekitar stasiun kereta.


 Vienna - Salzburg : OBB train, tiket berempat €38 (2,5jam)
 Salzburg - Lucerne : OBB train + SBB train, tiket berempat €77 (6 jam)
 Lucerne - Milan : Eurocity SBB, tiket berempat €122 (3 jam)
 Milan - Turin - Milan : Trenitali, tiket berempat PP €70 (1 jam)
 Milan - Paris : Thelo Trenitali, kereta malam untuk harga 1 kabin 4 bed €232 (10 jam)
 Paris - Amsterdam : Thalys, tiket berempat €160 (3 jam)
 Amsterdam - Munich : ICE by DB germany, tiket berempat €160 (8 jam)
 Munich-Vienna : OBB train, tiket berempat €140 (4jam)
 


PESAN TIKET JAUH HARI AGAR LEBIH MURAH
Dari itenary ini, 3 perjalanan pertama saya booking 2 bulan sebelum keberangkatan dan sisanya kurang dari sebulan, padahal 3 bulan sebelumnya saya cek harga yang muncul kurang dari setengah harga yang saya beli. Sebenarnya kendalanya karena pengajuan VISA Schengen yang diajukan paling cepat 3 bulan sebelumnya, dan was-was juga karena approval visanya keluar sebulan sebelum keberangkatan makanya kami belum berani membeli semua tiket keretanya.



Kereta Antar Kota / Negara di Austria
Untuk kereta di Austria dan ke kota/Negara lain dari Austria untuk pemesanan tiketnya dapat mengecek ke website perusahaan kereta api Austria (OBB) yaitu https://tickets.oebb.at/en/ticket/ , sebenarnya ada lagi perusahaan selain OBB yaitu Westbahn ini ibarat KAI tapi statusnya swasta, tapi hanya untuk kereta di regional Austria saja.
Kereta OBB antar Negara dari dan ke Austria, Kami berada di Gerbong Family setiap meja didesign untuk anak2 bermain

Children Area untuk Menonton Film Kartun atau bermain Games


Toilet di Gerbong Family


Kereta Antar Kota / Negara di Swiss & Italy
Untuk kereta di Swiss dan Italy saya menggunakan website salah satu agent yaitu https://loco2.com , atau bisa juga ke website masing-masing perusahaan kereta seperti untuk Swiss (SBB) yaitu https://www.sbb.ch/en/home.html dan untuk Italy bisa menggunakan http://www.trenitalia.com/tcom-en.

Jika menggunakan Website Loco2 lumayan berguna karena website ini memunculkan harga-harga promo masing-masing perusahaan, sebenarnya kalau kita memesan tiket kereta dari swiss ke itali bisa saja menggunakan website SBB tetapi biasanya website SBB tidak bisa mendeteksi promo tiket murah yang sering dikeluarkan kereta itali makanya saya lebih suka menggunakan website loco2, sedangkan Website Trenitali sebenarnya banyak memberikan pilihan harga tiket murah tetapi pengisian data di websitenya menurut saya lebih mudah loco2.

Untuk OBB dan loco2 sudah tersedia aplikasinya di google playstore, tiket yang diberikan sudah bukan dalam bentuk fisik tetapi voucher yang tersimpan di dalam HP kita. Bahkan untuk loco2 hanya memberikan kode booking yang kita berikan ke petugas yang akan mengecek valid atau tidak kode booking kita. Tetapi walaupun sudah online saran saya tetap siapkan print out tiketnya, pengalaman kami di kereta terakhir dari munich ke Vienna aplikasi OBB suami saya error Alhamdulillah petugasnya baik dan memperbolehkan kami dengan menunjukan bukti email pemesanannya saja.

SWISS - LUCERNE
Stasiun Kereta di Swiss cukup simple (antar kota/negara/metro berada di satu lokasi)


Situasi di Stasiun Swiss, dibawah stasiun berupa mall ada resto, toko baju, dll)

Kereta di Swiss menurut kami yang paling bagus  selama kami Trip

 ITALY - MILAN

Stasiun kereta di Porta Nuovo Turin
Kereta Menuju Turin dari Milan (menuju stadion Juventus)


Setiap kereta antar kota / Negara dilengkapi dengan stop kontak

Sleeping Train, dari Milan menuju Paris

Ketika perjalanan menuju Paris dari Milan, si Papayang memberi option mau berangkat siang dan nanti tidur di Hotel atau Berangkat malam naik Sleeping Train, harga berangkat siang + hotel sama dengan berangkat malam pakai sleeping train...
1 Cabin bisa di pilih untuk 6 orang, 4 orang, atau 2 Orang, kami memilih yang cabin untuk 4 orang agar tidak campur dengan penumpang lainnya...  masih berantakan blm di susun kopernya


Jika pilih cabin yang isi 6 orang, kira2 diatas kepala abang di foto ini akan di pasang kasur

ade happy bisa manjat ke atas

Lorong Cabin


Kereta Antar Kota / Negara Paris ke Amsterdam
Untuk kereta dari Paris ke Amsterdam (Thalys) bisa menggunakan website masing-masing perusahaan kereta bisa dari :
atau menggunakan website Loco2, untuk harga promo hampir semua website mampu memunculkan harga promo selama kita memesan jauh-jauh hari.

** Foto dari Paris menuju Amsterdam tidak ada karena kita terlambat menuju stasiun :)


Kereta Antar Kota / Negara Amsterdam ke Munich
Untuk kereta dari Amsterdam ke Munich, kami menggunakan kereta ICE yang dioperasikan oleh DB Germany, bisa dicek di websitenya https://www.bahn.com/ . Sebenarnya selain mengecek jadwal dan harga tiket kereta, website ini bisa digunakan untuk mengecek jadwal dan jaringan kereta di hampir seluruh eropa. Website ini lengkap memunculkan semua jaringan kereta di eropa bahkan untuk kereta diluar jerman, dan harga tiketnya pun kalau memesan jauh-jauh hari sangat murah, sayangnya approval VISA baru keluar beberapa minggu sebelum keberangkata sehingga harga yang muncul lumayan mahal.

dari Amsterdam transit di Frankfrut untuk berganti kereta menuju Munich, kira2 jam 10 malam.. masih pada happy dibangungin untuk pindah kereta

Menunggu kereta menuju Munich... masih pada happy tengah malam di bangunin... dan si ade tumben ga pake drama

Komentar

Juki mengatakan…
Apakah semua kereta mendapat makanannya mbak?
KAINARASHAKURA mengatakan…
semua kereta tidak dapat makan, tetapi ada yang jual spt naik air asia

Postingan Populer